Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD “Jarang Orang Ketahui”

Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD “Jarang Orang Ketahui”

Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD – Menggunakan kopling ( power engagement clutch system ), yaitu system kopling yang menggabungkan kopling pertama  ( kopling sepatu sentrifugal ) dengan kopling kedua ( kopling pemindah gigi ). Mekanisme ini sama dengan yang dipakai pada mesin RC Series dan FD 110 shogun .

Kopling Pertama

Kopling pertama adalah tipe kopling sepatu sentrifugal (centrifugal shoe clutch ) yang terpasang pada poros crankshaft terdiri dari 2 bagian utama yaitu sepatu kopling ( clutch shoe ) dan rumah sepatu kopling ( clutch drum ).

Sepatu kopling ikut dengan putaran crankshaft rumah sepatu kopling berhubungan langsung dengan primary drive gear tetapi bebas terhadap crankshaft. Putaran crankshaft akan diteruskan ke primary drive gear apabila sepatu kopling sudah menempel pada rumah sepatu dan membawanya .

Sepatu kopling menempel pada rumah sepatu kopling karena adanya sentrifugal yang melawan gaya pegas. Pada putaran stasioner ( 1500 ± 100 rpm ) gaya sentrifugal pada sepatu kopling belum cukup kuat untuk melawan gaya pegas. Saat itu kopling sudah terlempar tetapi belum menjangkau rumah sepatu kopling.

Saat gas dibuka / rpm bertambah gaya sentrifugal yang ditimbulkan akan menjadi semakin besar sehingga melempar sepatu kopling ke rumah sepatu kopling. Karena rumah sepatu kopling berhubungkan langsung dengan primary drive gear maka saat rumah sepatu kopling berputar, primary drive gear berputar juga.

Saat gas diturunkan pegas menarik sepatu sentrifugal kearah pusat dan sepatu sentrifugal lepas dari rumah sepatu kopling sehingga putaran tidak diteruskan ke primary drive gear.

Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD "Jarang Orang Ketahui"

Kopling Pemindah Gigi

Kopling pemindah gigi adalah tipe pelat majemuk, basah dan terpasang pada countershaft, kopling ini bekerja pada saat pemindahan gigi dilakukan.saat pedal pemindah gigi diinjak dan ditahan berarti kopling memutuskan hubungan primary driven dengan countershaft putaran dari poros engkol tidak diteruskan ke transmisi .dengan demikian pemidah gigi dapat dilakukan dengan mudah tanpa hentakan.

Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD "Jarang Orang Ketahui"

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD “Jarang Orang Ketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

 

 

 

 

 

Cara Kerja Sistem Kopling Motor RU 120 LD “Jarang Orang Ketahui” | admin | 4.5