Prinsip Cara Kerja Karburator Motor Yang Wajib Diketahui

Prinsip Cara Kerja Karburator – Karburator adalah suatu alat pencampur bahan bakar dan udara yang dibutuhkan oleh mesin. sebelum kita mempelajari fungsi dan cara kerja KARBURATOR secara detail maka kita harus mengamati gambar dibawah ini :

Prinsip Cara Kerja Karburator Motor Yang Wajib Diketahui

Gambar diatas tersebut menggambarkan dasar kerja dari karburator disini dapat dilihat bahwa cairan bahan bakar dapat naik ke ujung lobang pipa dikarenakan adanya aliran udara yang cepat yang dipompakan pada bagian ujung pipa tersebut.

Dengan adanya aliran udara yang cepat tersebut maka cairan bahan bakar akan mengalir naik oleh sebab perbedaan tekanan ( tekanan pada ruang tabung cairan lebih besar dari pada lobang ujung pipa ) sehingga udara yang berada didalam tabung bahan bakar akan keluar melalui pipa.

Jika pipa yang menghubungkan ke dalam cairan diberi beberapa lobang kecil maka akan menghasilkan sebuah semprotan bahan bakar yang berujud kabut.

DASAR KERJA KARBURATOR

Bahan bakar yang dibutuhkan mesin harus terdiri dari campuran bensin dan udara yang telah dirubah menjadi kabut / gas. Karburator adalah suatu alat untuk menciptakan suatu campuran bahan bakar dan udara yang dialirkan ke dalam mesin dimana kondisi tersebut yang siap untuk dibakar. Untuk lebih tepatnya karburator adalah suatu alat untuk :
  • Menentukan jumlah campuran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan oleh mesin.
  • Mengatur banyaknya campuran dari bahan bakar dan udara sesuai dengan putaran mesin.

MENENTUKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR DAN UDARA

Untuk mendapatkan putaran mesin sesuai dengan yang diinginkan campuran bahan bakar dan udara juga harus dapat berubah sesuai dengan kebutuhan mesin.Bila campuran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan banyak maka tenaga yang timbul juga bertambah. jika campuran bahan bakar dan udara sedikit maka tenaga yang dihasilkan kurang atau tidak ada.

Fungsi utama karburator adalah untuk menentukan jumlah campuran bahan bakar dan udaran atau untuk melayani kebutuhan mesin. Bentuk jumlah campuran bahan bakar pada mesin dapat ditentukan dengan membuka lobang ventury atau dengan cara menaikkan throttle valve ( piston valve ).

Ketika throttle grip diputar kabel gas tertarik dan throttle valve karburator terbuka. dengan demikian saluran udara ( ventury ) pada karburator terbuka lebar sehingga jumlah campuran bahan bakar dan udara bertambah banyak dan meningkatkan putaran mesin. Bila throttle grip dikembalikan ke posisi semula ( kondisi menutup ) maka throttle valve akan menutup kembali dan putaran mesin juga menurun.

PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BAHAN BAKAR

Campuran bahan bakar dan udara yang disemburkan oleh karburator kemudian masuk ke dalam silinder kemudian di kompresikan serta dibakar dengan api dari busi dan akan timbul pembakaran yang menghasilkan tenaga.Agar hasil pembakaran menghasilkan tenaga yang optimal maka campuran bahan bakar dan udara harus tepat.bahkan perbandingan udara dan bahan bakar juga akan berubah-ubah tergantung putaran mesin ( saat idle / stationer saat putaran sedang dan putaran tinggi ). karburator akan menciptakannya dalam berbagai kondisi tersebut.jika terdapat nilai perbandingan udara 15 : 1 berarti campuran bahan bakar dan udara terdiri dari : 15 gram udara dan 1 gram bahan bakar / bensin.

Secara teoritis perbandingan bahan bakar dan udara dalam berbagai kondisi adalah sebagai berikut :

KONDISI
PERBANDINGAN UDARA : BAHAN BAKAR
Start
1 – 3 : 1
Stationer / idle / langsam
8 – 10 : 1
Kecepatan rendah
12 – 14 : 1
Pemakaian biasa beban ringan
15 – 16 : 1
Pemakaian dengan beban besar
12 – 14 : 1
Demikianlah Pembahasan mengenai PRINSIP CARA KERJA KARBURATOR MOTOR YANG WAJIB DIKETAHUI semoga dengan aadanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Baca Juga :
Prinsip Cara Kerja Karburator Motor Yang Wajib Diketahui | admin | 4.5