Arti Dan Fungsi Spuyer Karburator Pada Motor

Mengetahui Arti Dan Fungsi Spuyer Karburator Pada Motor

Arti Dan Fungsi Spuyer Karburator Pada Motor – Karburator paling sering disebut spuyer pilot jet dan main jet. Padahal masih banyak spuyer yang lain kedua spuyer ini masih dibantu komponen lain tentu belum banyak yang tahu tugas masing-masing fungsi komponen tersebut.

Air screw

Sekrup udara ( air screw ) tugasnya mengatur suplai udara dari lubang kecil dimoncong karburator ke pilot jet karena itu salurannya langsung menuju ke rumah pilot jet artinya udara ini nantinya akan membantu bahan bakar dikabutkan pilot jet dia termasuk pemancing utama mesin menyala.

Setelah sekrup udara mesti disetpresisi contohmya mesin 4 tak yang lebih irit setelah sekrup udaranya 1,5 putaran. Sedangkan 2 tak agak boros umumnya menganut 2,5 putaran makin boros bahan bakar bukaan setelan udara mesti lebih besar.

Pilot jet

PILOT JET
PILOT JET 

Setelah menerima hawa dari sekrup udara pilot jet beraksi mengabutkan bensin sejak mesin dinyalakan sesuai dengan namanya kata pilot sama dengan pilot pesawat terbang sedangkan kata jet berarti sebagai penyemprot.

Atau penyembur kesimpulannya pilot jet sebagai pengemudi awal semprotan bahan bakar dan bekerja pada putaran rendah. Ukuran tinggi pilot jet Cuma 50 sedang rata-rata ukuran pilot jet pada motor standar antara 17,5 sampai 25.

Main Jet

Setelah melawati 5.000-6.000 rpm,pilot akan dibantu main jet soalnya suplai dari pilot jet tak mencukupi konsumsi putaran tinggi. Banyak orang berprasangka diatas 5.000 rpm hanya main jet yang bekerja. Padahal pilot jet dan main jet bekerja bahu membahu makanya main jet yang dilengkapi lubang-lubang pengabut lebih besar. Main jet tidak mengandalkan udara dari sekrup setelan udara dia langsung memanfaatkan udara langsung ( by pass ) dari boks saringan udara.
MAIN JET
MAIN JET

Needle jet

Ini nama keren dari jarum skep jarum terpasang di selongsongan skep ( katup gas ) keduanya saling mendukung tugas jarum skep membuka dan menyumbat lubang menuju saluran isap yang disemprotkan pilot jet dan main jet. Klauw grip gas diputar kabel gas akan mengangkat selongsong skep dan jarumnya.saat itu jarum akan membebaskan sumbatan lubang semprot liang isap secara bertahap.

Makanya ujung jarum skep dibikin seperti jarum jahit gede dipangkal dan mengecil runcing di ujung dengan begitu dia sensitive mengatur debit bahan bakar.

NEEDLE JET
NEEDLE JET

Jarum skep menentukan besar kecilnya putaran mesin jika jarum skep terangkat maksimal alias gas diputar habis lubang yang disumbat jarum pun terbuka penuh sehingga bahan bakar menerobos bebas akibat suplai gede ledakan di ruang silinder ikut membesar dan putaran mesin pun makin cepat.

Sedangkan katup gas menutup dan membuka venturi tugas utamanya menghalau aliran udara agar tidak berlebihan masuk ruang bakar.

Jarum pelampung

Sebenarnya jarum pelampung ( valve needle ) dan pelampung sebagai standar utama takaran bahan bakar di mangkuk karburator. Begitu mangkuk penuh pelampung langsung terangkat dan mendorong jarum menyumbat bahan bakar dari tangki bensin.

JARUM PELAMPUNG
JARUM PELAMPUNG

Cara kerjanya mirip bola pelampung di bak penampung air siraman wc model duduk. Begitu bak penuh suplai air pun berhenti karena tuasnya terangkat akibat bolanya mengambang. Ada kalanya rumah jarum skep kotor atau ujung jarumnya aus akibatnya bensin ngocor terus sampai melebihi kapasitas mangkuk dan keluar lewat lubang pembuangan.

Demikianlah pembahasan mengenai Arti Dan Fungsi Spuyer Karburator Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Arti Dan Fungsi Spuyer Karburator Pada Motor | admin | 4.5