Bagaimana Cara Mengetahui Masalah Motor Kurang Tenaga

Bagaimana Cara Mengetahui Masalah Motor Kurang Tenaga “Wajib Baca”

Bagaimana Cara Mengetahui Masalah Motor Kurang Tenaga – Untuk bagaimana mengetahui penyebab motor tenaganya berkurang hal tersebut kadang sering bagi pengendara merasakan tenaganya berkurang bisa di tarikan kencang maupun di tanjakan yang kadang mengganggu kenyamanan pengendaranya.

Biasanya hal tersebut terjadi pada motor yang sudah lewat masa yaitu motor yang udah ujur alias sudah tuwir dan ada kemungkinan pada sepeda motor yang masih baru apabila kesalahan perawatan atau penggunanya yang bawanya tidak benar dalam berkendaranya. Untuk masalah motor yang tenaganya berkurang biasanya serahin kepada ahlinya yang lebih mengerti seperti kebengkel, untuk itu apa saja penyebab motor berkurang tenaganya yaitu :

Busi

Untuk busi yang sudah lama pemakaiannya bisa juga penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkan tidak maksimal, hal tersebut bisa disebabkan karena busi kotor atau kerenggangan busi tidak tepat. Untuk antisipasi bisa dibersihkan busi tersebut dengan menggunakan amplas agar kerang dibusi hilang, tidak pula untuk mengatur kerenggangan antara elektrodanya, lebih bagusnya gantinya saja dengan yang baru lagian gak terlalu mahal juga.

Filter udara

Coba untuk membersihkan bagian tersebut yang gunanya untuk menyaring debu atau kotoran dari udara sehingga ada kemungkinan udara bisa masuk lebih banyak kerunag bakar sehingga mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga dapat menghalangi asupan udara ke ruang bakar, tetapi kalau merasa bagian ini sudah ujur pemakaiannya alias udah lama lebih baik ganti yang baru saja, untuk penggantian paling tidak setiap 25 ribu kilometer atau bersihkan setiap servis rutin.

Jarum Skep

Untuk bagian ini perlu dilakukan penyetelan yang menjadi bagian karburator karena tenaga mesin yang optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang setelannya tidak pas, kalau tidak kurang mengerti lebih baik bawa kepada yang ahlinya kebengkel terdekat agar hasil benar-benar dengan maksimal.

Karburator

Dikomponen tersebut proses terjadinya campuran bahan bakar dengan udara untuk pembakaran yang akhirnya proses tersebut menghasilkan tenaga yang fungsinya untuk menggerakan sepeda motor oleh sebab itu lebih baiknya perlu ditune-up agar menjaga kemaksimalan kinerja motor.

Knalpot

Knalpot yang terhalang dengan kotoran hasil pembuangan dari kotoran bisa juga penyebab tenaga motor menjadi loyo oleh sebab itu ada perlunya dengan perawatan pada bagian ini kurang lebih 5-6 ribu kilometer selain dibersihkan performanya pun bisa terjaga. Agar kotoran diknalpot terbuang caranya dengan membakar knalpot agar kotoran terbuang yang sering pada motor 2 tak yang emang kotoran yang terlalu banyak.

Kampas Kopling

Untuk semua mesin motor pastinya dilengkapi dengan kampas kopling untuk menjaga gigi-gigi motor, pastinya ada sistem kopling manual dan otomatis karena fungsi kampas kopling adalah sebagai penjaga gigi motor agar stabil kampas kopling yang pemakaiannya yang lama-kelamaan menjadi habis dan jika kampas habis biasanya tenaga akan berkurang karena gigi tidak stabil disaat dikendarain untuk onderdil tersebut biasanya lumayan tapi kalau penggunanya pemakaiannya tepat pastinya kampas motor tersebut tetep awet juga.
Untuk pemeriksaan yang lebih lanjut coba periksa komponen yang lainnya agar hasil yang didapat dengan maksimal yaitu :

  • Kerenggangan pada katup terlalu besar
  • Pegas katup sudah lemah
  • Penyetelan waktu kerja katup menyimpang
  • Ring piston atau cylinder sudah aus
  • Kedudukan katup tidak pas
  • Pemakaian tipe busi tidak tepat
  • Penyetelan pelampung karburator menyimpang
  • Udara tersedot dari intake pipe
  • Oli mesin terlalu banyak
  • Lengan pemutus ( rocker arm ) atau poros sudah aus

Sebab berkurangnya tenaga motor tersebut akan lebih baik perawatan motor dengan baik karena sampai motor rusak malah kita semakin susah sendri karena biaya dandannya tidaklah murah untuk jasa dan onderdilnya,, semoga bisa membantu untuk motor sampean.

Demikianlah pembahasan mengenai Bagaimana Cara Mengetahui Masalah Motor Kurang Tenaga semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

 


 

Bagaimana Cara Mengetahui Masalah Motor Kurang Tenaga | admin | 4.5