Bahan Gemuk Pelumas Yang Perlu Diketahui

Inilah Bahan Gemuk Pelumas Yang Perlu Diketahui

Additive

Dalam menentukan additive pada gemuk maka perlu kita lihat hal-hal seperti dibawah ini :

Komposisi Gemuk

Bahan Gemuk Pelumas – Grease terbuat dari pelumas dan sabun,sabun yang ada pada grease adalah sabun textile didalam minyak pelumas saling mengikat antara molekulnya akan membuat serat-serat seperti jaring oleh karena itu campuran gemuk ini menggunakan sabun textile karena itu minyak pelumas karena daya adhesinya akan mengikat sabun textile.

Tingkat Kekentalan/Kepekatan Dan Tingkat Kestabilan Mekanisme

Tingkat kekentalan dari pada gemuk dibagi menjadi beberapa macam bila gemuk mendapat gesekan serat-serat itu akan menjadi pecah putus kekentalan akan bertambah bila gesekan ini relatif kecil serat tersebut seketika akan saling mengikat yang berarti mengembalikan ketingkat kekentalan semula.

Tetapi bila terkena gesekan yang kuat dan berlangsung agak lama bagian-bagian tenaga ikat kecil dari gemuk tersebut kemudian akan terputus dan grase akan menjadi lunak oleh karena itu grease dicampuri lethium soap grease untuk menahan perubahan kekentalan karena akibat gesekan.

Kerena sifat pelumas dari gemuk maka gemuk mudah teroksidasi dan berubah sifat jadi bila gemuk disimpan diudara terbuka dengan periode yang lama atau dipakai terus menerus pada temperatur yang tinggi akan terbentuk oksidasi yang akan memakan metal dan gemukpun akan berfungsi lagi oleh karena itu gemuk roller bearing ditambah zat oksidasi.

Klasifikasi Gemuk

  • Gemuk bantalan roda ( wheel bearing grease ) ini mempunyai campuran natrium grease
  • Gemuk easis ( chasis grease ) gemukini digunakan untuk melumasi casis atau sering dipakai caisium base grease
  • Gemuk ball joint ( ball joint grease ) pada ball joint biasanya digunakan soap grease belakangan ini karena dipakai untuk periode waktu yang lama daya lengketnya harus besar dan ditemukan grease yang special harus ball joint dimana ditambahkan unsur sulfida dan mulibdium.
  • Gemuk bodi ( bodi grease ) biasanya digunakan lithium soap grease yang karakteristik tempertur rendahnya baik serta sifat tahan air, sifat tahan lusuh sifat mechanical stability dan sifat mencegah tercerminnya cat yang baik terutama sebagai pemakai grease yang tahan.
  • Rubber grease dipakai lithium soap base grease yang berasal dari tumbuh-tumbuhan serta tidak merusak bagian karet dari kendaraan.
  • Disc brake grease dipakai sebagai pelumas dari kedua bidang anti skin shim dari disc brake dimana sifat tahan panas tahan tekanan tahan airnya baik serta mencegah bunyinya rem.

Demikianlah pembahasan mengenai Bahan Gemuk Pelumas Yang Perlu Diketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Bahan Gemuk Pelumas Yang Perlu Diketahui | admin | 4.5