Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak – Pada saat berkendara asik-asik motor tiba-tiba tengah perjalanan motor mengalami masalah pastinya membuata jengkel pengendara tersebut dan menghambat perjalanannya pastinya dan padahal motor tersebut baru diservis dengan kejadian tersebut tidak pengen terulang kembali, untuk itu kenapa motor tiba-tiba mati ada beberapa penyebabnya. untuk penyebab motor mati mendadak mengalami faktor-faktor masalah dan cara apa yang harus dilakukan pemeriksaan.

Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Kehilangan kompresi bisa juga.Kompresi hilang mungkin penyebabnya dari kesalahan saat melakukan penyetelan jarak kerenggangan klep yang terlalu tinggi setelan klepnya kemungkinan piano/pelatuk ( rocker arm ) bisa memuai atau jarak clearance.

Antara piston dengan dinding blok silinder celahnya sudah sudah sedikit merenggamg yang bisa kemungkinan kompresi berkurang tidak padat lagi tekanan kompresi standar 750 – 1200 kpa ( 7,5 – 12 kgf/cm2 ) Bisa jadi pada saat diengkol terasa ngelos akibat kompresi bocor pada saat kondisi dingin jarak kerenggangan pelatuk akan kembali kondis normal.

Untuk standar kerenggangan klep pada kondisi dingin pada motor spin 125 adalah untuk IN 0,04 – 0,07 dan EX 0,10 – 0,15. Untuk mengetahui bahwa pada umumnya motor matic masalahnya sering mengalami pada saat kondisi panas setelah digeber diputaran meninggi terus tiba-tiba mengurang dikecepatan yang sering banget motor tiba-tiba mendadak mati atau kompresi tiba-tiba hilang kompresinya.

Untuk yang punya motor sendri jangan gupek dulu pastinya ada solusinya dengan cara motor distandarin 2 terlebih dahulu kemudian digas full sambil tarik cuk dan sambil distarter samapai motor hidup dengan cara itu bisa membantu untuk pemasukan bahan bakar yang bercampur dengan udara yang dibutuhkan oleh mesin lewat karburator dengan gas di buka penuh dengan bersamaan starter bisa membantu kompresi untuk naik dan motor bisa hidup kembali tapi lebih bagusnya jangan memaksa dengan menggunakan starter bisa memboroskan aki nantinya lebih bagusnya menggunakan engkol.

NB :

Untuk motor yang mengalami kompresi tiba-tiba hilang dengan cara lepas busi dari silinder head kemudian masukan oli sedikit kemudian lobang busi ditutup menggunakan jari tangan kalau motor masih panas dibantu menggunakan lap setelah lubang busi sudah tutup engkol-engkol agar bisa mengetahui kompresi padat atau hilang ngelos.

Pada saat diengkol kalau sudah kerasa agak berat sewaktu diengkol pasang kembali busi tersebut kemudian kunci kontak on jangan menggunakan starter lebih baik menggunakan engkol saja kalau motor sudah hidup terus dari knalpot ngeluarin asep putih banyak biarin saja itu dari oli yang ditembakan ke lubang busi tadi nanti juga lama kelamaan akal hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat terima kasih.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

 

Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak | admin | 4.5