Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui

Cara Kerja Kran Bensin – Sedang asik-asik mengendarai motor eh motor ngadat alias mogok apes banget lagi buru-buru udah terlambat kesekolah. Walah kehabisan bensin rupanya hehehe akibat kurang paham mekanisme keran bensin membuat tersiksa.

Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui

Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui

Yuk kita kenali keran bensin sekalian pelajari mekanismenya. Ada tiga tipe keran bensin…. Pertama para mekanik biasa menyebutnya keran on-off karena dilengkapi on ( mengalir ) dan off ( tersumbat ). Selain itu juga punya tanda res ( reserep alias cadangan ) jenis ini biasanya dipakai di motor sport.

Sebelum ke perinsip kerja bongkar jeroannya. Mulai dari tangki ada 2 bagian pipa keran masuk ke tangki yaitu pipa saluran on dan res saluran pipa on berdiameter 5 – 6 mm. panjangnya 8 – 10 cm. di atas pipa dilengkapi saringan sedangkan saluran res pipanya sejajar pelat dasar tangki. Bodi keran ditangki diikat 2 baut antara bodi keran dan tangki terdapat seal bila di lihat badan keran pun punya 2 jalur bensin. Agak kebawah terdapat switch keran itu lho gagang penunjuk arah on, res, dan off. Dibalik switch ada karet.tak selamanya seal dilengkapi karet ada juga plastik.

Guna membersihkan keran dilengkapi mangkuk. Mangkuk ini punya ulir bisa dilepas dari badan keran. Dijeroan ada jala penyaring bensin sebelum mengalir ke karburator. Antara mangkuk dan saringan juga dilapisi O-ring tugasnya menjaga kebocoran bensin. Bagian terakhir adalah corong bagian ini menjadi jalur terakhir bensin lewat keran dari situ bensin disalurkan slang ke karburator. Sekarang cara kerjanya saat gagang keran posisi on jalur bensin mengalir lewat pipa didalam tangki sampai bensin ditangki tingginya kurang dari 8 atau 10 cm. setelah itu saluran on tidak berfungsi sobat harus menggeser gagang keposisi res.

Sudah ngerti sekarang makanya selalu gunakan saluran on, dengan begitu bila ditengah jalan mesin mati keran tinggal diputar ke res jadi terjaga kewaspadaan untuk secepatnya mengisi tangki bahan bakar. Biasanya bensin res sekitar 2 liter. Ya cukuplah ke pom bensin terdekat. Ada lagi tipe lain mirip tipe on-off nempel di tangki bedanya langsung dikarbu boleh dong disepakati keran kerburator keran karbu nggak puya pipa ke tangki .

Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui

Aliran bensinya dilayani slang baru ke keran keran karbu tidak dilengkapi saluran res karena tangki Cuma punya 1 lubang untuk slang. Jadi tidak ada cadangan bensin tangki benar-benar kering bila motor bensin tidak mengucur lagi penganut keran karbu adalah bebek-bebek keluaran Honda misalnya prima,grand, dan supra bahkan jialing tipe safari.

Mekanisme keran karbu tidak jauh beda seperti keran on-off bensin dari tangki disalurkan lewat slang. Masuk tampungan keran lewat lubang dibalik kenop on-offnya. jenis ketiga keran vakum seperti keran Yamaha champ,fis-er,vega,Suzuki crystal, tornado dan satria. Mirip dengan keran karburator vakum juga tidak dilengkapi saluran cadangan maklum motor-motor sekarang telah dilengkapi indikator jarum penunjuk bensin. Selain itu bensin dari tangki untuk keran mesti disalurkan slang bedanya keran vakum tidak punya switch buka tutup bensin.

Prinsip kerjnya vakum bensin bisa mengalir jika ada sedotan dari mangkuk karbu dalam keadaan mesin hidup. Akan berhenti mengalir jika sedotannya berhenti pula lebih jelasnya bongkar jeroannya. Lepas 5 sekrup pengikat keran. Keran terurai 3 bagian pertama menerima bensin dari tangki bagian ini berlubang untuk mengalirkan bensin kebadan keran. Bagian kedua penutupnya didalam ada pegas terakhir komponen karet bagian ini dilengkapi tuas penonjok kedua sisinya tuas ini bergerak maju mundur fungsinya membuka dan menutup jalur bensin bagian pertama.

Antara karet dan rumah keran terdapat dua saringan fungsinya untuk menyaring kotoran yang terbawa bensin . system kerjanya bensin yang mengucur dari tangki ditahan di tampungan keran saat mesin dihidupkan piston mengompres dan menghisap bahan bakar. Nah pada saat langkah hisap itulah bensin dimangkuk karbu tersedot sedotan ini diteruskan ke keran. Saat langkah hisap tuas penonjok terdorong dan membuka jalur bensin selanjutnya bensin mengucur kekarbu jadi bila mesin mati tidak ada kevakuman per dibagian penutup keran tuas penonjok menutup jalur bensin.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Kerja Keran Bensin Yang Harus Anda Diketahui | admin | 4.5