Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik “Untuk Perlu Diketahui”

Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik “Untuk Perlu Diketahui” – Medan magnet dibentuk dari arus listrik apabila serbuk besi disebar pada permukaan kertas yang ditembus barang konduktor kemudian dialirkan arus listrik melalui batang konduktor. Ketuk kertas secara perlahan akan menyebabkan serbuk besi mengelilingi batang konduktor membentuk garis-garis lingkaran hal ini terjadi karena garis-garis gaya magnet disekeliling batang konduktor tempat arus mengalir bereaksi terhadap serbuk besi semakin jauh jarak dari pusat batang konduktor semakin lemah garis-garis gaya magnetnya.

Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik "Untuk Perlu Diketahui"

Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik “Untuk Perlu Diketahui”

Prinsip Putaran Tangan Kanan

Arah arus listrik mengalir dalam medan magnet memiliki hubungan tetap terhadap arah garis-garis gaya magnet apabila arus listrik mengalir searah dengan arah ibu jari tangan kanan arah putaran tangan kanan sama dengan arah garis-garis gaya magnet ini dinamakan prinsip putaran tangan kanan.

Kumparan

Kumparan adalah gulungan kawat konduktif dalam pola spiral jika arus listrik mengalir melalui kumparan dengan arah yang ditunjukkan garis-garis gaya magnet dihasilkan dibeberapa bagian kumparan seperti garis-garis putus-putus dan arah garis-garis gaya magnet dalam kumparan akan berupa garis utuh.

Apabila arus listrik mengalir melalui sebuah kumparan yang mempunyai banyak putaran garis-garis gaya magnet, merupakan hasil dari jumlah garis-garis gaya magnet yang dihasilkan pada masing-masing putaran dan ke dua ujungnya menjadi kutub utara dan kutub selatan kumparan digunakan pada banyak peralatan listrik termasuk motor starter, generator dan ignition coil ( kumparan pengapian ).

Magnet

Jika kumparan memiliki inti besi untuk itu terjadi meningkatkan yang nyata pada jumlah garis-garis gaya magnet. Hal ini terjadi karena garis-garis gaya magnet melalui besi akan lebih baik dibandingkan jika melalui udara sehingga inti besi membentuk magnet yang kuat.

Benda yang memiliki gaya magnet besar yang dihasilkan oleh aliran listrik melalui kumparan dinamakan elektromagnet semakin banyak gulungan pada kumparan dan semakin kuat arus listrik yang melalui kumparan maka elektromagnet akan lebih kuat.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik “Untuk Perlu Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Membuat Magnet Dari Arus Listrik “Untuk Perlu Diketahui” | admin | 4.5