Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Garpu Depan Dan Suspensi Belakang Pada Motor

Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Garpu Depan Dan Suspensi Belakang Pada Motor – Garpu depan ( suspensi depan ) fungsinya untuk meredam benturan atau hentakan yang pada saat timbul kendaraan sedang berjalan dalam kondisi permukaan jalan yang rusak atau berlubang sehingga membuat pengendara menjadi tidak nyaman hal ini juga bukan hanya berpengaruh pada kenyamanan saja tetapi juga sangat berpengaruh pada pengoperasian dan kestabilan sepeda motor tersebut. Alat anti hentakan yang biasa digunakan untuk menyerap getaran dan memperbaiki tingkat kenyamanan biasanya terdiri dari kumparan pegas ( coil spring ) dan peredam/bantalan oli. Agar perawatan motor tetap nyaman dikendarai dapat melakukan aspek-aspek sebagai berikut :

Garpu Depan

Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Garpu Depan Dan Suspensi Belakang Pada Motor

Pemeriksaan ketinggian oli

Untuk memeriksa ketinggian oli lepaskan pegasnya dan kompres / tekan inner tube semaksimal mungkin. Inner dan outer tube harus dalam posisi vertikal.

Ukur dari bagian atas inner tube sampai ke permukaan oli bila jumlahnya tidak sesuai spesifikasinya atur ketinggian oli ketika mengganti oli tambahkan sedikit oli dibagian ujung atas garpu.

Pemeriksaan panjang pegas dalam keadaan bebas

Untuk memriksa panjang pegas letakan pegas diatas lantai datar lalu ukurlah, bila ukuranya tidak sesuai lagi gnti pegas dengan yang baru.

Pemeriksaan seal oli

Periksalah seal oli dari keausan atau kerusakan ketika mengganti seal perhatikan permukaan inner tube harus bersih dan halus sebelum memasangkan dengan seal oli baru.

Pemeriksaan inner tube dan outer tube

Periksalah bagian sliding dari inner dan outer tube dari keausan atau goresan, periksa juga kelurusan inner tube dari kemungkinan bengkok.

Suspensi belakang

Periksalah shock absorber belakang dari kemungkinan adanya keretakan atau kerusakan lainnya, periksa juga apakah ada kebocoran oli atau goresan pada batang pistonnya.

Pemeriksaan lengan ayun ( swing arm )

Periksalah swing arm dari kemungkinan adanya keretakan atau perubahan bentuk, periksa juga bantalan as pusat ( pivot bearing ) dan spacer dari keausan atau kerusakan dan periksa kelurusan as ( pivot shaft )

Pemeriksaan cushion lever dan cushion rod

Periksalah dari kemungkinan adanya keretakan perubahan bentuk dan lainnya, periksa juga bearing dan spacernya bila terdapat keausan atau kerusakan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Garpu Depan Dan Suspensi Belakang Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

1

 
Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Garpu Depan Dan Suspensi Belakang Pada Motor | admin | 4.5