Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus

Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus – Sejak pemerintah beberapa tahun lalu mewajibkan lampu motor terus menyala baik malem maupun siang hari katanya sih untuk mengurangi angka kecelakaan bagi pengguna jalan supaya semakin berhati-hati dalam berkendara, malah hal tersebut membuat boros bohlam untuk bagian sistem kelistrikan tidak bisa diduga-duga terkadang boklam putus yang letaknya didepan terkadang tak disadari oleh pengendara kalau disiang hari kalau malem bisa ketahuan lampu depanya putus.

Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus

Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus

 

Tentunya jangan sampai menimpa kendaraan sampean selalu periksa kondisi boklam motor, periksa selalu lampu dekat maupun jauh terkadang lampu dekat-jauh tidak putus bersamaan kemungkinan salah satu masih ada yang berfungsi jauh maupun dekatnya salah satunya.

Penyebab Lampu Sering Putus

Kalau semuanya lampu jauh maupun dekatnya putus ada kemungkinan ada sistem kelistrikan yang bermasalah, emang fungsi lampu di motor sangatlah penting apalagi untuk berkendara dimalam hari ada beberapa keluhan yang terkadang sering terjadi pada lampu motor sampean adalah bohlam lampu motor yang selalu putus terkadang baru diganti sudah putus lagi.

Lampu yang yang sering mendadak mati atau putus karena usai pakai, kongslet atau masalah pada bagian pendukungnya yaitu kiprok atau rectifier tapi apabila lampu motor sering mati bisa dipastikan sebabnya adalah kiprok motor karena bagian ini yang membatasi arus listrikyang mensuplai bohlam lampu motor dan juga listrik yang masuk ke setrum ke aki.

Mengecek Lampus Sering Putus

Biasanya mekanik kalau bohlamnya putus disarankan mengganti tanpa melakukan pemeriksaan yang lainnya kalau kerusakan ini dibiarkan ada kemungkinan putus kembali dan aki motorpun bisa rusak fungsi kiprok adalah mengatur arus listrik yang membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan.

Untuk sumber arus listrik motor terdapat lilitan spul arus AC dan besar yang tegangannya berubah-ubah sesuai dengan putaran mesin maka itu diperlukan alat converter ( kiprok ) dari arus AC menjadi DC selanjunya arus DC digunakan untuk charging aki motor dan untuk menghidupkan kelistrikan motor. Pada dasarnya utama kiprok adalah bridge dioda yaitu untuk menyearahkan listrik AC untuk mengatasi perubahan putaran mesin kiprok dilengkapi dengan limiter tegangan yaitu penstabil tegangan, penstabil ini menggunakan IC yang tertanam di dalam kiprok. Apabila motor yang putus ketika putaran mesin tinggi dan kiprok panas ini ciri-ciri kerusakan limiter yang menyebabkan lampu motor cepat mati.

Memperbaiki Lampu Sering Putus

Untuk mengatasi bohlam yang selalu putus disaat diputaran tinggi ada baiknya segera menggati komponen tersebut kalau ada gejala kerusakan kiprok sebaiknya segera periksa atau ganti yang baru saja. Setelah diperiksa oleh alihnya yang lebih mengerti yaitu mekanik ternyata yang rusak cuma diboklamnya saja yang putus sampean tinggal beli boklam motor yang baru sesuaikan dengan spesifikasi dengan motor sampean agar tidak membebani kinerja sistem kelistrikan motor sampean.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda, semua terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Bohlam Motor Sering Putus | admin | 4.5