[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor 2 Tak Kebanjiran

Cara Mengatasi Motor Kebanjiran – Apa boleh buat kalau tunggangan keburu kecebur banjir setinggi lutut atau lebih, teknik apapun diapakai tetap saja mesin kemasukan air akhirnya mati lalu air mencari celah terkecil masuk keruang mesin, celaka berpeluang dimasuki air seperti karburator penutup oli transmisi, selang pernapasan oli transmisi dan knalpot air masuk dari karbu terutama yang tidak dilengkapi saringan udara dari sini air tersedot bebas saat piston langkah hisap air nakal ini sampai ke ruang kruk-as dan bablas ke silinder.
Cara Mengatasi Motor 2 Tak Kebanjiran

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor 2 Tak Kebanjiran

Jeroan mesin terancam bahaya yang langsung terasa tarikan mesin jadi berat karena tak ada lagi ruang longgar buat napas didalam mesin, komponen jeroan mesin dirancang untuk tidak terkontaminasi air , karat sangat mungkin terjadi fungsi oli sebagai pelumas jadi payah lapisan film di permukaan komponen yang bertugas melindungi dan melicinkan pun sirna.

Musibah ini mewajibkan sobat mengusir air cara menghilangkan kandungan air pada jalur bensin tidak cukup membuka busi dan knalpot lalu mengengkolnya itu sih pertolongan pertama perlu bongkar silinder agar air tidak mengedap lama seperti melakukan servis besar.

Buka saringan udara begitu pula karburator, leher angsa, rumah katup buluh, kepala silinder, silinder dan knalpot. Diurai satu persatu dengan catatan yang sobat bisa memasangnya kembali dan motor bisa ngacir lagi, pasti bisa dong.

Cuci dengan bensin semua komponen terurai seperti dinding dalam leher angsa lubang-lubang pada silinder berikut tabung dalam knalpot yang bisa diisi bensin sembari dikocok, pastikan air lenyap dari mangkuk karburator tiup lubang-lubang spuyernya remas busa saringan udaranya dan jangan dipelintir bisa rusak.

Khusus ruang karter dicuci dengan bensin sebaiknya bensi dicampuri oli mesin khusus 2 tak, tujuannya agar ruang kruk as tetap mengandung pelumas kemudian semprot dengan kompresor selagi bebersih ruang karter putar kruk asnya dengan mengengkolnya pelahan atau diputar dari magnet.

Bisa juga menggunakan kain pilihlah yang menyerap air lantas lilitkan pada kawat selusupkan diantara kruk as dan tarik ulur kawatnya pengerjaanya makan waktu sebab butuh memutar kruk as bolak-balik siapa tahu air tersembunyi disisi lainnya.

Meski piston tidak dibuka dari dudukannya toh masih bisa dicuci dengan bensin pula dari arah luar supaya aman bensin pencucinya sama dengan ruang karter terutama pada klaher setang piston dan klaher pin piston, beda lagi membersihkan air dibak oli tranmisi air menyusup dari lubang pernapasan ini bila terlanjur jalan-jalan bareng oli pelumas akan tampak seperti susu,putih bahkan mengental seperti mentega

Nah bersihkan bak mesinnya tidak perlu membelahnya lepas baut pembuang oli tampung olinya pada wadah tersedia, kabel-kabel juga perlu dicek sebab bila basah mungkin terjadi dempet atau saling menyatu ( nempel ) bisa terjadi konslet komponen kelistrikan malah jadi rusak paling sering yang terserang adalah kepala busi tambahnya makanya usir air dengan kompresor juga periksa slang dan selotip pembungkus kabel-kabel kadang air terperangkap disitu cukup disilet atau dilubangi dibagian paling bawah biar airnya mengalir ke luar.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor 2 Tak Kebanjiran semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Baca Juga:
[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor 2 Tak Kebanjiran | admin | 4.5