Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet

Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet – Pada sepeda motor rata-rata sekarang ini kebanyakan semua merek motor menggunakan tipe aki kering karenanya yang perawatan yang simpel tidak begitu ribet dari pada yang menngunakan tipe aki yang diisi air aki.

Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet

Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet

Aki fungsinya sangat besar sekali pada kendaraan yang gunanya untuk menyuplai arus listrik kekomponen-komponen yang membutuhkan asupan listrik. Untuk bagaimana mengetahui cara ngerawat aki kering lebih tahu dulu api sih aki kering,, dilihat dari perkembangan zaman sekarang yang berteknologi yang kian maju pabrikan otomotif didunia membuat aki kering yang dipadukan untuk kendraan yang diproduksi pabrikan setiap tipe merek kendaraan itu.

Pada sekarang ini rata-rata motor sudah menggunakan sistem injeksi pastinya membutuhkan asupan arus listrik yang stabil dan praktis yang memiliki keawetan yang lebih lama. Semua itu didapatkan pada komponen aki tipe kering yang sangat cocok dikendaraan-kendaraan pada sekarang ini, baik digunakan di diroda dua ( motor ) maupun dikendaraan roda empat ( mobil ).

Aki kering yang pastinya lebih simpel lebih utama yang dipertimbangkan dari sebagian pabrikan besar otomotif selain itu pengguna tidak perlu repot mengecek dan memeriksa ukuran air akinya karena jenis aki kering memanglah lebih sedikit perawatan dan lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan aki jenis basah, walaupun demikian dibutuhkan cara merawat aki kering motor dengan tepat memiliki usia pemakaian yang lebih tahan lama.

Cara Merawat Aki Kering Agar Awet

Cara ngerawat aki kering agar awet dan supaya dapat menyuplai listrik dengan sempurna dengan cara seperti ini :

  • Agar aki kering supaya awet dan tahan lama maka gunakanlah kendraan tersebut dengan sesering mungkin supaya sistem pengisian tetap berjalan dan supaya menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil kalau memang motor tidak digunakan, maka minimal waktu sedikit kurang lebih 5 menit perhari agar pengisian tetep terjaga.
  • Menggunakan elektrik starter setiap hari kecuali saat dipanaskan saat pagi saat kondisi pagi menggunakan kick starter agar membantu oli terpompa dengan cepat agar dapat melumasi seluruh bagian-bagian mesin, seandainya sekali distarter mesin tidak menyala jang sekali-kali tombol starter ditekan terus, beri jeda waktu kurang lebih 5 detik baru kemudian ditekan kembali supaya memungkinkan daya aki dapat kembali stabil.
  • Dengan menghindari jalan berlubang yang bisa mengakibatkan goncangan yang berlebihan yang berakibat merusak sel-sel yang terdapat didalam komponen aki ini kalau terlalu sering mendapatkan guncangan saat menemuin jalan yang berlubang.
  • Dengan memeriksa kondisi kabel terminal aki dan diusahakan supaya selalu dibersihkan dan ditutupi dengan rapat agar tidak lembab kwatir terjadi konsleting pada kendaraan tersebut.
  • Memastikan kondisi kiprok atau regulator masih fungsi dengan baik karena komponen tersebut merupakan komponen yang sangat vital dalam menyuplai listrik ke semua bagian kendaraan.
  • Untuk daya listrik yang melemah perlu lakukan pengecasan seperlunya untuk aki kering menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere untuk membuat daya listrik aki agar penuh dibutuhkan waktu 6 sampai 8 jam tergantung dengan kapasitas aki tersebut.

Dengan menggunakan cara diatas semoga bisa membantu yang menngunakan aki kering supaya aki tetep awet teteplah merawatnya. untuk aki kering batas pemakain maksimal setahun semoga bisa diterapkan motor sampean.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet semoga dengan adanya ulasan tersbeut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

 

 

Cara Merawat Aki ( Baterai ) Kering Agar Awet | admin | 4.5