Cara Pengaruh Pelumas Untuk Roda Gigi “Untuk Di Ketahui”

Cara Pengaruh Pelumas Untuk Roda Gigi “Untuk Di Ketahui”

Cara Pengaruh Pelumas Untuk Roda Gigi “Untuk Di Ketahui” – pengaruh perkaitan gigi terhadap minyak lumas pada differential ada tiga perkaitan gigi yaitu hypoid gear untuk differential yang menggunakan hypoid gear lantai kendraannya menjadi rendah juga membuat lebih baik dari memperbesar kemampuan dan meneruskan pemindahan daya dibanding dengan gear yang memakai spiral bevel gear kecepatan gesekannya serta tekanan gigi-giginya menjadi lebih besar yang merupakan kelemahan dari sistem gear tersebut oleh karena itu minyak hypoid gear mempunyai API service GL-5. Dan hypoid gear tidak dapat memakai minyak lumas biasa karena tidak dapat melumasi dengan baik dan dapat terbakar semua minyak hypoid ini dapat dipakai juga sebagai pelumas tranmisi dan sering gear box.

Extreme Pressure (13 P)

EP adalah suatu additive yang dapat mencegah kerusakan dari pada gigi yang berkaitan dengan cara melapisi permukaan dari gigi tersebut sedangkan cara melindunginya adalah sebagai berikut pada saat gear menjadi panas maka EP ini akan bersenyawa dengan metal dari gear sehingga akan membentuk coating.

Pada permukaan gigi walaupun film minyak sudah terkikis karena sliding contact yang cepat akan tetapi coating tersebut masih tetap ada sehingga tidak terjadi metal tometal contact dan EP biasanya persenyawaan sulfur atau halogen, phosphor.

Klasifikasi Minyak Roda Gigi

Klasifikasi minyak gear berdasarkan mutu ada 4 perbedaan tipe minyak gear dibawah ini :

  • Reguler Gear Oil Reguler gear oil digunakan dalam transmission sistem steering mechanism dan terbanyak digunakan pada differenstial yang mempunyai spiral bevel gear minyak gear ini tidak mengandung additive.
  • Worm Gear Oil Worm gear oil digunakan untuk melumasi worm gear dan minyak ini tidak mengandung normal additive.
  • Mild Extreme Pressure ( EP ) Gear Oil
    Mild extreme preassure gear oil dapat digunakan dalam tranmisi steering gear dan tipe diferential spiral bevel gear yang mempunyai beban dan kondisi kecepatan yang teristimewa tipe oil ini juga digunakan untuk roda-roda gigi dalam mesin-mesin industry.
  • Multi Purpose Gear Oil
    Multi purpose gear oil adalah dibuat istimewa hanya digunakan pada differential tipe hypoid gears umumnya tipe gear automobile.

Mild EP dan multi pupose oil mempunyai additive yang spesial untuk tahan terhadap beban yang berat fast sliding speed dan Ep untuk digunakan pada hypoid gear oil. Gear oil dari hasil tambang murni hampir tidak pernah dipakai untuk keperluan mobil, gear oil yang dapat dipakai untuk pelumasan worm gear,oil yang diberi tambahan oil yang berasal dari binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Dapat dipakai untuk transmisi steering gear dan juga spiral bevel gear tipe differential dan gear untuk mesin konstruksi ( gear boxnya ) bahan dasarnya adalah straight mineral oil yang ditambahkan sedikit EP dan additive lainnya. Lebih baik dari GL – 3 dapat dipakai untuk kecepatan tinggi dengan momen kecil atau untuk kecepatan rendah dengan momen besar atau untuk hypoid gear, additive epnya lebih banyak GL-3.

Digunakan untuk hypoid gear yang mempunyai sifat EP yang lebih baik diberikan additive EP yang lebih banyak dari GL-4 sehingga tahan terhadap beban kejut serta high speed dengan siliding yang cepat. Demikian pembagian dari gear oil tetapi yang dipakai pada kendaraan bermotor adalah GL-3 Sampai GL-5 saja. Gear oil yang dipakai untuk differential biasanya GL-5 hampir tidak ada perbaikan kendraan bermotor yang menganjurkan memakai GL-4.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pengaruh Pelumas Untuk Roda Gigi “Untuk Di Ketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Cara Pengaruh Pelumas Untuk Roda Gigi “Untuk Di Ketahui” | admin | 4.5