[Paling Mudah] Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep

Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep – Seting karbu biasanya para pengguna motor Cuma yambung memilih kombinasi pilot jet dan main jet saja saat menyeting karbu, padahal itu belum cukup. Soalnya kedua spuyer itu Cuma konsen diputaran rendah dan putaran meninggi saja. Bagaimana untuk putaran menengah, kalau dicuekin jadi memble dong… motor malah menjadi ngelitik atau mbrebet saat digas tiba-tiba. Terkadang setiap usai menikung dan buka gas, mesin terkadang mengilitik tanda kehausan alias kurangnya bensin.
Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep
JARUM SKEP

[Paling Mudah] Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep

Saat memainkan kira ¼ sampai ¾ pelintiran gas, biasanya gas segitu termasuk wilayah putaran menengah. Berarti bukan termasuk urusan main jet ataupun pilot jet tapai tugas jarum skep.

Untuk mengobati penyakit tersebut, caranya dengan mengasah jarum karbu motor tersebut, untuk menambah debit bensin diputaran menengah.

Perbesar Celah

Biar jelas,,pahami dahulu mekanisme kerja jarum skep, tinggal bongkar karburator motor sampeyan, lalu pelototi jarum yang menempel di skep, skep itu bentuknya mirip piston dan bergerak naik turun seiring putaran hendel gas.

Saat grip gas dibetot skep dan jarumnya langsung terangkat ini membuka kesempatan bensin menyerbu liang venturi dari celah antara badan jarum dengan dinding lubang.

Kucuran bensin kemudian menyatu dengan udara lalu mengabut ( jadi kabut ) makin mudah sebab serbuan bensin dipecah dulu ujung tajam jarum, makin dalam putaran gas makin lebar pula celahnya.

Otomatis semprotan bensin tambah deras, nah kalau posisi grip gas antara ¼ samapai ¾ putaran, begitu juga ketinggian jarumnya makanya bentuk jarum langsung mempengaruhi putaran menengah.

Makin gendut badan jarum makin sempit celah antara jarum dengan diameter dinding lubang , akibatnya bensin yang masuk sedikit atau kurang, sabaiknya jarum kurus, bensin masuk tambah banyak sebenarnya jarum skep itu ada beberapa macam ditandai kode berbeda mirip seperti spuyer yang juga ditandai angka, angka itu mewakili diameter lubang sedangkan pada jarum skep mewakili kontur.

PERBESAR CELAH JARUM SKEP
PERBESAR CELAH JARUM SKEP

Kontur jarum punya tingkatan disebut taper, jarum copotan karbu mikuni punya dua taper atau ujung yang lancip. Akan kelihatan kalau di intip dari ujung tajam jarum sampai pangkal jarum atau diameter terbesar.Susahnya disini komponen karburator sangat terbatas, sulit mencari jarum skep yang kita perlukan, karena sulit ditemui dipasaran bebrapa mekanik mengkali jarum tersebut.

Contohnya motor RG sport dengan mengamplas badan jarum orsi, celah antara jarum dengan dinding lubang tambah lebar. Aliaran bahan bakar pun otomatis bertambah hasilnya campuran bensin – udara diputaran menengah makin banyak, jadi bensin makin kaya.

Demikianlah pembahasan mengenai [Paling Mudah] Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
Baca Juga:

 

[Paling Mudah] Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep | admin | 4.5