Cara Seting Karburator Dan Knalpot Racing 2 Tak

Cara Seting Karbu Motor – Untuk menyenting jangan asal ganti knalpot racing, bisa-bisa mesin kedodoran kontruksi knalpot racing 2 tak dirancang untuk menaikan performa mesin terutama diputaran atas. Tabungnya tidak dilengkapi sekat seperti perut knalpot standar,sistem begini disebut free flow alias saluran langsung, inti dari knalpot racing memperlancar turbulensi gas buang, Karena itu dia harus diimbangi saluran masuk sesuai debit gas buang di muntahkan, jika tidak patah kuno menyalak lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan berbahaya bagi mesin.

Cara Seting Karburator Dan Knalpot Racing 2 Tak

Jangan jauh-jauh berpikir rumus ruwet tombaknya hanya dispuyer karburator, pilot jet dan main jet harus disetting ulang, caranya sebelum memasang knalpot racing, hidupkan mesin dan dengar seksama irama mesin kanlpot standar nantinya ini berguna sebagai bahan perbandingan dengan knalpot racing, sekarang pasang knalpot racingnya hidupkan mesin pasti bunyinya garing petanda pilot jet kurang gede, artinya campuran udara dan bahan bakar didapur pacu terlalu kering, diumpamakan seperti leher menusia dicekik akibatnya mesin cepat panas tenaga pun loyo.

Menurut mekanik yang biasa mengganti knalpot racing jika mesin full standar cukup pilot jetnya saja yang diperbesar sedangkan yang menganut korek jalanan main jet ikut diperbesar ini pun belum jaminan karena karakter knalpot racing satu sama lainnya berbeda volumenya, untuk mesin standar pilot jet diawali menambah 2,5 angka misalnya pilot jet standar 25 berarti harus diganti 27,5 lantas hidupkan mesin dan dengar suara knalpot, jabaran bunyinya agak basah dan tidak ada gejala tertahan, paling bagus raungan puncak tertinggi mesin terasa agak mbrebet, jika situasi ini tidak didapat coba lagi pilot diperbesar 2,5 angka sampai sesuai.

Sedang penambahan angka main jet bagi motor yang menganut semi korek diawali 10 angka misalnya RX-KING pakai 140, dia harus diberi 150 sedangkan menguji settingan sama saja dengan pilot jet, suara di rpm tinggi harus agak basah alias serak jika tetap garing berarti main jet kurang besar, Selanjutnya coba tambahkan lima angka.

Seandainya pilot jet dan main jet tidak didapat dipasaran bisa mengakalinya dengan jarum rojok, pembesaran lubang lewat jarum rojok kudu rajin bongkar pasang karburator soalnya sekali rojok belum tentu langsung sesuai. Kalau keadaan diatas sulit didapat jangan memaksa pembesaran spuyer pasalnya idealnya pilot jet mentok pada pembesaran sampai 20 dan main jet 40, jika dipaksa bensin malah boros dan tenaga menyusut ini menandakan udaranya kurang maka terpaksa harus melepas saringan udara, kalau toh juga tak bisa berarti knalpotnya yang salah beli.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Seting Karburator Dan Knalpot Racing 2 Tak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

 

Cara Seting Karburator Dan Knalpot Racing 2 Tak | admin | 4.5