Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder

Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder – Setting makin canggih saja dunia road race sekarang setelah munculnya aplikasi computer pemandu korekan kini dikenal sensor panas gas buang untuk membantu settingan karburator dengan model alat baru ini tak perlu lagi buka kepala silinder untuk mengetahui suhu ruang bakar settingan karbu juga lebih presisi.

Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder

Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder

Temperature gas buang pada umumnya mewakili suhu ruang bakar nah suhu ruang bakar inilah yang jadi patokan menentukan settingan karbu terlalu panas berarti kurang bensin terlalu dingin artinya haus bahan bakar mekanik tinggal mengganti spuyer sesuai perlu tunggu selesai latihan untuk mengetahui suhu ruang bakar. Tangan mekanik pun aman dari panas karena tak perlu lagi pegang-pegang kepala silinder.

Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder

Menurut cara intruksinya agar efektif sensor harus terpasang sekitar 5 inci atau 12,5 cm dari kepala piston untuk memasangnya perlu melubangi leher knalpot agar akurat disarankan ujung sensornya pas ditengah diameter knalpot, tambah memasangnya. Dari sensor di knalpot seutas kabel yang menjulur ke penunjuk suhu didasbor hingga mudah di pantau agar efektif suhu yang dibaca hanya saat posisi gas penuh kalau tidak pasti hasilnya terlalu dingin.

Belum lengkap Menurut yang ahlinya alat ini sebenarnya belum lengkap belum bisa mendeteksi knocking alias ngelitik.untuk itu perlu satu alat lagi disebut sensor cht ( cilincer head temperature ) alat itu mengukur suhu kepala silinder. Untuk mengetahui munculnya gejala ngelitik atau detonasi cukup melihat perbedaan suhu gas buang dengan kepala silinder tanda-tanda detonasi, suhu kepala silinder tinggi tapi suhu gas buangnya rendah.

Lain lagi mesin 4 tak karena bahan bakarnya murni tanpa campuran oli, sensornya juga beda namanya A/F ratio meter atau pengukur rasio campuran bensin dengan udara rasio ideal antara 1 bagian bensin dengan 14 bagian udara, makin tinggi putaran mesin makin besar bagian bensinnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Cara Setting Karbu Tanpa Bongkar Kepala Silinder | admin | 4.5