Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui

Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui

Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor – Roda adalah bagian yang sangat penting dalam pengoperasian dan stabilitas pengendaraan dan harus dapat memenuhi kebutuhan akan segala kondisi.

Sebagai bantalan penahan berat sepeda motor harus dapat menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kodisi permukaan jalan ketika dijalankan mampu mengatasi gaya yang diakibatkan oleh gaya pengemudian, pengereman dan gaya horizontal saat memutar.

Jenis Roda

Sebelumnya sepeda motor dilengkapi roda berjari-jari yang ringan dan mempunyai kekakuan yang tinggi sekarang banyak sepeda motor yang menggunakan roda aluminium tuang dan roda pres.

  • Roda berjari-jariPada roda jenis ini rim dan hub ( tromol ) dihubungkan oleh jari-jari yang terbuat dari besi sangat ringan dan dapat menyerap hentakan.Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui
  • Roda presRim dan jari bersama-sama dipres yang diperkuat dengan baut-baut atau dilas sering dipakai pada sepeda motor yang mempunyai diameter roda yang kecil.
  • Roda aluminium tuangTerbuat dari aluminium tuang yang sangat ringan dan antara rim dan hub menyatu. Hub dan rim yang dipadu dalam satu unit ini membuatnya lebih akurat dan mempunyai keseimbangan yang lebih baik kelebihan lainnya adalah dapat dirancang sebebas mungkin dan dapat mengatasi masalah jari-jari ( misalnya perbedaan ketegangan antara satu jari-jari dengan yang lainnya ) sehingga tidak memerlukan perawatan atau pemeriksaan.

Rim ( lingkaran roda )

Rim berfungsi menyeimbangkan posisi ban pada sepeda motor. Umumnya rim terbuat dari pelat besi, pelat stainiess atau pelat aluminium biasanya dibentuk melingkar dengan bantuan penggulung yang ujung-ujungnya dilas.


Kebanyakan sepeda motor memakai rim yang rendah dengan dudukan rata terdapat dua jenis rim yaitu tipe WM dan MT dengan sudut kemiringan 5 derajat pada bead seat dan ban tubeless lekukan pada tipe MT berguna untuk menahan udara ketika rim dan ban menyatu.

Penamaan Pada Rim

Ukuran rim ditunjukkan dengan ( diameter nominal rim ) x ( lebar nominal rim ) pada tiap MT,,MT tertera dibagian depan lebar nominal rim bila diameter tipe MT adalah 14 atau 15 ukurannya berbeda dengan rim lain walaupun nominalnya sama sehingga ditunjukkan dengan 14 M/C atau 15 M/C ( M/C artinya motorcycle /sepeda motor ) untuk membedakan jenis itu contoh : 15M/C X MT 3,5.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui | admin | 4.5