Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor

Inilah Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor

Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor – Tidak seperti suspensi depan suspensi belakang ini hanya menyerap hentakan dan tidak memerlukan pengendalian.

Tergantung rancangannya suspensi belakang akan sangat berpengaruh pada pengoperasian kendaraan, ketinggian poros penggerak dan elemen lainnya.

Berdasarkan hal tersebut kebanyakan dipakai untuk tipe lengan ayun dimana titik pusat porosnya berdekatan dengan titik pusat rangka dan untuk tipe unit pengayun.

Tipe Lengan Ayun ( Swing Arm Type )

Ini adalah sebuah lengan ayun yang mempunyai poros tengah yang menghubungkan antara rangka dengan lengan ayun pada titik pusatnya dirancang sedemikian rupa sehingga poros roda belakang dapat bergerak naik turun dimana terdapat penyerap hentakan ( shock absorber ) diantara rangka dengan lengan ayun.

Ada yang mempunyai 2 buah shock absorber pada ke dua sisi roda belakangnya dan ada pula yang hanya mempunyai 1 shock absorber dimana mekanisme penghubung ( link ) terletak dititik pusat bodi.

Jenis shock absorber tunggal karena mekanismenya membuat gerakan vertikal porosnya lebih leluasa, sehingga menambah kenyamanan pengendara karena itu tipe ini lebih banyak digunakan.

Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor

Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor

Tipe Pengayun ( Unit Swing Type )

Pada tipe ini mesin berlaku sebagai lengan ayun dan mesin bergerak naik turun sehingga tidak terdapat shock absorber diantara rangka dengan mesin biasanya dipakai untuk sepeda motor tipe keluarga ( family bikes ).

Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

Fungsi Suspensi Belakang Sangat Penting Pada Sepeda Motor | admin | 4.5