Jangan Sembarangan Mereamer Karburator Motor, Berikut Tipsnya

Mereamer Karburator Motor – Menambah suplai bahan bakar harus membesar mulut karbu caranya direamer masalahnya gimana cara mereamer yang benar,,, jika salah karbu jadi apkiran ada teknik sendir, para mekanik balap sering menyerahkan pembesaran diameter hisap pada pakar bubut. Tapi ada pula mengerjakan sendiri mereka mengandalkan pisau korek dan kikir bulat kalau cara pembesarannya benar pakai pisau dapur pun nggak masalah.Jangan Sembarangan Mereamer Karburator Motor, Berikut Tipsnya

Jangan Sembarangan Mereamer Karburator Motor, Berikut Tipsnya

Pembesaran harus oval ke arah atas jangan oval ke bawah motor tidak bisa langsam alasannya udara terlalu banyak nyelonong lewat bawah skep piston biar nggak bingung soal mana bagian depan dan belakang karbu motor kita perlu menyamakan persepsi dulu kita tilik saja dari arah aliran udarannya. Udara mengalir dari filter udara untuk bagian ini disebut depan, sedang yang didekap leher angsa ( manifold ) kita sebut bagian belakang karburator. Urutan mereamer harus dimulai dari depan karbu itu lho yang berhadapan saringan udara pengikisannya jangan terlalu ekstrim misalnya 0,2 mm sampai 0,5 mm.

Setelah bagian bawah lanjutkan bagian samping batas reamer samping antara 1-2 mm dari diameter standar misalnya karbu standar F1-ZR 21 mm toleransi reamernya boleh sampai 22-23 mm paling bagus sih direamer 1 mm saja, lebih dari itu khawatir moncong karbu jadi terlalu tipis kekuatan dindingnya nggak menjamin, pengerjaan selanjutnya bagian yang didekap leher angsa ( manifold ). Bagian ini tidak boleh disentuh dinding bawahnya,soalnya campur bensin udara bakal bocor.

 

Irisan dimulai dari bagian atas tebal pengikisan maksimal pengikisan 1,5 mm pada dinding atas,lanjutkan pengikisan samping maksimal 1 mm atau seragamkan ukuran pengikisannya dengan bagian moncong tadi.

Masih ada satu pekerjaan lantaran dinding atas venturi direamer otomatis saat kabel gas ditarik habis bibir skep masih tersisa dilubang venturi ini malah menghalangi aliran udara maka bibir skep wajib dilibas sejajar dinding atas venturi bila dibiarkan itu mah sama saja tidak ngereame, seperti dibilang awal jika memaksa pembesaran lebih dari 2 mm selain dinding makin tipis juga butuh ngebor lubang dinding skep. Jika tidak skep jadi longgar maka lebih baik jangan lebih dari 2 mm.

Demikianlah pembahasan mengenai Jangan Sembarangan Mereamer Karburator Motor, Berikut Tipsnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

Jangan Sembarangan Mereamer Karburator Motor, Berikut Tipsnya | admin | 4.5