Cara Kerja Pelumasan Pada Komponen Mesin

Inilah Cara Kerja Pelumasan Pada Komponen Mesin

Cara Kerja Pelumasan Pada Komponen Mesin – Cara pelumasan dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu :

  • Pelumasan percik
  • Pelumasan dengan tekanan
  • Gabungan pelumasan percik dan pelumasan dengan tekanan

Pelumasan Percik

Pelumasan dilakukan oleh percikan pelumasan yang terjadi akibat tonjolan pada ujung bawah batang penggerak tenggelam dan memercikkan pelumas ke atas selama poros engkol berputar. Agar pelumasan berjalan baik tentunya pelumas harus cukup encer.

Dan permukaan pelumas pada periuk percik tempat pelumas cukup tinggi percikan pelumas melumasi peralatan didekatnya peralatan yang jauh letaknya dilumasi oleh cucuran pelumas yang berasal dari tempat-tempat penampungan dimana percikan-percikan itu terkumpul peralatan yang terletak jauh diatas lebih banyak dilumasi oleh kabut pelumas yang terjadi pada saat percikan terjadi.

Pelumasan Dengan Tekanan

Pelumasan dilaksanakan dengan memompakan langsung pelumas melalui saluran-saluran pelumas, kebantalan utama poros engkol, batang penggerak, bantalan pena torak, bantalan poros kam, poros tuas katup dan kesaringan pelumas. Pena torak dilumasi oleh pelumas yang dilalui lubang saluran pelumas pada batang penggerak dinding silinder dilumasi oleh luapan pelumas dari pena torak.karena pelumas harus melalui saluran-saluran yang sempit dan melalui jarak yang cukup jauh maka diperlukan pompa pelumas yang kuat ( umumnya berkekuatan sekitar 3,5 atmosfir )

Pelumasan Percik Dan Tekan

Jenis ini merupakan gabungan kerja kedua jenis cara pelumasan diatas, Contoh pelumasan sebuah mobil merk “ Vauxhall victor “ mobil modern telah direncanakan dan secara teliti agar supaya tahan terhadap beban berat dan kecepatan tinggi untuk waktu yang relatif panjang.

Prestasi mobil tergantung dari bahan-bahan pelumasan yang digunakan prosedur pelumasan dan spesifikasi pelumasan yang telah dibuat untuk mobil tersebut. Pelumasan yang diperlukan pada satu mobil berbeda dengan mobil yang lain oleh karena itu untuk pemeliharaan dibutuhkan bagan pelumasan untuk bermacam-macam jenis mobil.

Prosedur Pelumasan Mobil “ Vauxhall victor “

  • Setiap 750 km atau mingguan, periksa permukaan minyak mesin menggunakan tongkat celup isi melalui lubang pengisi
  • Setiap 5.000 km atau 3 bulan, ganti minyak mesin isi banyak baru 3,4 liter melalui lubang pengisi.
  • Setiap 10.000 km atau 6 bulan, periksa permukaan minyak didalam reservoar kopling dan rem permukaannya harus 6 mm dibawah lubang tutup pengisi penambahan dengan minyak rem lockhead super heavy duty SAE spc. 70 R ganti elemen saringan minyak bersihkan saringan kertas.
  • Setiap 20.000 km atau 12 bulan, lumasi generator lumasi distributor periksa permukaan minyak di dalam bak roda kemudi periksa permukaan minyak didalam bak percepatan periksa permukaan minyak didalam diferensial periksa saringan udara ( model kertas ) cuci dan beri minyak ( model kawat wul ) bersihkan saringan udara vent lasi lemari engkol.
  • Setiap 50.000 km atau 30 bulan, lumasi lengan suspensi roda dengan sumbangan peluru -4 nipel dengan piston pelumas yang berisi gemuk khusus, lumasi bantalan roda depan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Pelumasan Pada Komponen Mesin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Kerja Pelumasan Pada Komponen Mesin | admin | 4.5