Bagian-Bagian Utama Motor Yang Penting Untuk Diketahui

Inilah Bagian-Bagian Utama Motor Yang Penting Untuk Diketahui

Bagian-Bagian Utama Motor Yang Penting Untuk Diketahui – Sepeda motor agar dapat dan layak beroperasi pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian utama yang membentuk suatu sistem, sistem inilah yang memungkinkan sepeda motor beroperasi dan berfungsi dengan baik.

Engine (Mesin) Sepeda Motor

Secara umum engine berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menggerakan/mengooperasikan kendraan engine yang digunakan pada sepeda motor adalah engine pembakaran dalam ( internal combustion engine ) yang pada umumnya menggunakan bensin.

Sebagai bahan bakar engine ini adalah merupakan bagian utama dari suatu kendaraan pada engine juga terdapat sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem pengapian, mekanisme katup, dan bagian-bagian mesin itu sendiri.

Kelistrikan

Kelistrikan adalah seluruh rangkaian yang ada pada sepeda motor kelistrikan berfungsi sebagai pendukung unjuk kerja kendaraan yang mencakup kelistrikan mesin seperti sistem pengapian untuk memercikan bunga api pada busi, kelistrikan bodi seperti sistem penerangan, lampu panel /indikator dan kelengkapan kelistrikan lainnya.

Chasis

Chasis berfungsi sebagai dudukan ( penempatan ) seluruh komponen yang membentuk kendraan serta mengontrol jalannya kendaraan chasis terdiri dari beberapa unit yaitu :

  • Rangka
    Rangka berfungsi sebagai dudukan/penempatan seluruh bagian kendraan seperti mesin ( engine ) cover body, sistem kelistrikan, unit pengendali, dan lain-lain.
  • Pemindah tenaga ( power.train )
    Pemindah tenaga berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin ke roda dalam prosesnya, pemindah tenaga melakukan peningkatan momen penggerak pada roda dan merubah kecepatan kendaraan, pemindah tenaga ini terdiri dari kopling, transmisi, rantai, sprocket dan roda.
  • Kemudi ( steering )
    Kemudi berfungsi untuk mengarahkan jalannya kendaraan pengendalian arah kendaraan dilakukan dengan mengatur posisi roda umumnya kendaraan menggunakan roda depan sebagai penentu arah kendaraan kemudi ini terdiri dari stang kemudi ( handle bar ), batang kemudi ( steering steam ), garpu depan ( front fork ).
  • Rem
    Secara umum rem berfungsi untuk memperlambat jalannya kendaraan rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan pengoperasian rem dapat dilakukan secara mekanik, hidrolik, pneumatic atau kombinasi ketiganya pada sepeda motor umurnya hanya menggunakan rem mekanik dan hidrolik.

Demikianlah pembahasan mengenai Bagian-Bagian Utama Motor Yang Penting Untuk Diketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Bagian-Bagian Utama Motor Yang Penting Untuk Diketahui | admin | 4.5