Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder)

Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder) – Sistem penerus gerakan ( pemindah daya ) adalah sebuah mekanisme yang dimana tenaga dari tranmisi pada sebuah mesin diteruskan ke roda belakang.

Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder)

Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder)

Pada penggerak yang menggunakan rantai sistem ini tenaga mesin yang diteruskan ke roda belakang melalui sebuah rantai sistem ini sering dipergunakan untuk kendaraan sepeda motor.

Sebuah rantai golong ( roller chain ) yang terdiri dari pelat bagian luar dan dalam roller dan komponen lainnya. Agar penerus penggerak tetap terjaga dengan memperhatikan aspek-aspek berikut ini :

  • Pemeriksaan gigi tarik ( sprocket )
  • Sprocket meneruskan gaya dari mesin ke roda belakang melalui sebuah rantai bila rantai telah aus atau berkarat rantai menjadi kasar dan berisik bila terjadi seperti ini ganti dengan yang baru.
  • Pemeriksaan rantai penggerak
    Periksalah kondisi rantai dari kerusakan atau mulur ( menjadi lebih panjang ) untuk memastikan mulur tidaknya tarik roda belakang kearah belakang sejauh mungkin, lalu ukur panjang jarak pin-nya. Bila hasilnya lebih besar dan ukuran yang telah ditentukan ganti rantai dengan yang baru dan bila rantai penuh dengan oli atau berkarat bersihkan dengan bensin atau sejenisnya sebelum pemasangan kemudian lumasi secukupnya jengan memberikan rantai tipe sealed chain dengan bensin atau cairan pencuci karena dapat merusak seal oringnya.
  • Pemeriksaan dan penyetelan ketegangan rantai
    Biasanya rantai memerlukan kekendoran/ketegangan yang cukup bila terlalu kendur maka dapat menimbulkan bunyi bila terlalu tegang maka rantai dapat merusak gigi tarik ( sprocket ) terlalu kendur juga dapat mengakibatkan rantai dan sprocket cepat aus. Terlalu tegang dapat menyebabkan putaran seret daya penggerak tidak dapat disalurkan dengan benar ke roda belakang dan dapat disetel dengan benar bila sepeda motor ditegakkan pada standar tengah lalu setel kekendurannya tepat dibagian tengah rantai untuk menyetelnya kendurkan mur as roda belakang kemudian putar mur penyetel sambil melihat skala pada lengan ayun dan samakan posisinya kiri dan kanan.

    Memeriksa kelurusan rodaRoda depan dan belakang harus sejajar jika tidak sejajar dapat disetel menggunakan penyetel rantai atau jika komponen-komponen seperti garpu depan, rangka atau lengan ayun bengkok dapat membuat ke tidak lurusan roda, bila demikian perbaiki atau ganti bagian yang haus.

Demikianlah pembahasan mengenai Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder) semoga dengan ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Pemeriksaan Dan Perbaikan Pemindah Daya (Komponen Penerus Daya Sekunder) | admin | 4.5