Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan

Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan – Setiap motor terdiri dari banyak sekali bagian-bagian yang bergerak satu sama lain, karena itu pada setiap motor juga terjadi banyak sekali peristiwa gesekan jika hal ini dibiarkan sebagaimana adanya maka dalam waktu beberapa detik saja mesin itu akan menjadi sangat panas sesuai dengan sifat fisik dari logam, motor tersebut akan segera pecah/meledak.

Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan

Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan

Untuk menghindarkan hal yang demikian maka gesekan yang terjadi haruslah dikurangi sebesar mungkin caranya adalah dengan memberikan pelumasan yaitu memberikan suatu lapisan minyak ( film ) antara dua permukaan yang bergesekan dengan demikian tidak terjadi gesekan langsung antara logam dengan logam.

Telah dikatakan bahwa didalam mesin terdapat bagian-bagian yang bergerak seperti misalnya cam shaft, piston , katup dan sebagainya. Pelumasan dimaksudkan untuk menghindari hubungan ( kontak ) langsung dari dua bagian yang bergeseran, lapisan minyak tipis ( oil film ) yang terjadi menyebabkan tidak berhubungan langsung apabila bagian-bagian komponen mesin ini tidak diberi minyak maka sebagai akibatnya akan timbul gesekan yang besar.

Hal ini menjadi sebab timbulnya keausan dan panas yang besar, sehingga menimbulkan gangguan dan kerusakan pada mesin, sistem pelumasan direncanakan untuk mengatur proses pelumasan pada mesin.

Fungsi Minyak Pelumas

Selain itu minyak pelumas melakukan fungsi lainnya seperti :

  • Membatasi panas yang timbul dengan mengusahakan gesekan sekecil mungkin.
  • Mengambil panas dari bagian-bagian mesin yang dilaluinya.
  • Mengurangi gesekan dan keausan dengan membentuk lapisan tipis ( film ) untuk mencegah gesekan.
  • Menambah kerapatan antara torak dengan silinder.
  • Membersihkan dengan mengalirkan kotoran dari dalam motor dan buang disaringan pelumasan.
  • Menghindarkan abu dan mencegah karatan.
  • Membantu meredam bunyi motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Sistem Pelumasan (Lubricating System) Pada Kendaraan | admin | 4.5