[100% Mudah] Tips Mempelajari Karbu Vespa “Wajib Baca”

Tips Mempelajari Karbu Vespa – Di vespa pun dikenal dua spuyer ( jet ). Keduanya langsung tampak ketika tutup karburator dicopot. Tapi tanpa melepas karburator dari si gembung,dua spuyer ini bisa  dibersihkan uniknya dibalik kedua spuyer ini karbu vespa masih punya berbagai spuyer. Semua tipe karburator dell orto yang dipakai vespa, mekanismenya sama saja begitu pula jumlah spuyernya bedanya nomor atau besar kecilnya spuyer. Contoh mainjet atau spuyer utama exclusive ukurannya 102.

[100% Mudah] Tips Mempelajari  Karbu Vespa "Wajib Baca"

[100% Mudah] Tips Mempelajari  Karbu Vespa “Wajib Baca”

Sedang Spartan 200 cc, berkode 118. Spuyer vespa paling rame disbanding karbu jepang bisa mengecoh orang awam terutama nomor spuyernya lantaran ada lagi spuyer yang lebih gede dari main-jet, mari kita bahas satu persatu kita mulai dari kran bensin sebelum bensin masuk ke mangkuk karburator bensin dilewatkan ke ruang penyaring. Ruang ini kerap disebut deksel setelah tersaring bensin melewati jarum pelampung ( valve needle ) langsung ke mangkuk.

Ketika mesin si skuter dinyalakan semua spuyer mulai berdinas maka karbu vespa ditunjang spuyer penyala awal ( starter jet ) letaknya berdekatan ruang jarum skep. Starter jet punya jalur khusus ( bypass ) salurannya dari mangkuk karburator ke rumah spuyer dank e mulut lubang hisap. Jet starter tak diperintah tarik ulur gas atau jarum skep. Lubang semprotnya ,dibelakang kotak skep nyaris berhadapan dengan ruang kruk as ( crankcase ). Ketika tuas starter ditendang dan piston bergerak ,otomatis dia menyuplai campuran bensin udara. Si gembung pun bisa bersuara nomor spuyernya dari 50 sampai 60 tergantung tipe vespanya.

Pengabut diambil alih spuyer perlahan ( slow-jet ) alias langsam inilah spuyer kecil yang tampak saat tutup karbu dibuka di karbu jepang disebut pilot-jet tugasnya mengabutkan bahan bakar di bawah 4.000 rpm nomor spuyernya dari 38,42, sampai 60. Sedang nama spuyer disamping slow jet disebut jet pengatur udara ( air jet ) ukurannya dari 120 sampai 160 angka ini bisa melebihi spuyer utama ( main jet ) spuyer inilah yang membingungkan. Spuyer pengatur udara tidak berdiri sendri dia bersusun tiga tepat dibawahnya ada spuyer berlubang banyak ( mixer ) mixer sebagai pengolah campuran bensin dan udara agar pas kode mixer selalu diawali dengan huruf misalnya BE3 DAN BE2 dipakai vespa masa kini,vespa lama berkode E1.

Dibawah mixer atau susunan terbawah masih ada spuyer kunci disebut spuyer utama atau main-jet. Dialah yang membantu semprotan ( 4.000 rpm ke atas ) setelah slow-jet tak mampu mengimbangi putaran mesin, ukurannya bermain dari 88,102,118, dan 120. Belum selesai masih ada spuyer yang disebut tutup pengatur udara. Begitu pula dengan spuyer pengatur udara saat mesin stasioner. Spuyer ini sudah dipaku mati tak bisa dibuka salurannya tembus dengan rumah sekrup penyetel udara ( air screw ).

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Tips Mempelajari  Karbu Vespa “Wajib Baca” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:


[100% Mudah] Tips Mempelajari Karbu Vespa “Wajib Baca” | admin | 4.5