TIPS MENGATASI MOTOR YANG ENDUT-ENDUTAN DISERANG HUJAN

TIPS MENGATASI MOTOR YANG ENDUT-ENDUTAN DISERANG HUJAN

Tips Mengatasi Motor Yang Endut-Endutan – Masalah motor ketika musim hujan tiba, tunggangan sering bermasalah penyakit biasa mendera, mesin sendut-sendut , mbrebet, lama-lama ngadat atau mogok, tenang jangan panik apalagi pingsan.
Kondisi seperti ini harus segera diperhatikan kalau terganggu sedikit langsung bikin motor ngadat seperti saringan udara karburator dan sistem pengapian, ketika berjalan motor endut-endutan kaya mau mati gitu munculnya saat musim hujan,, air masuk ke dalam saluran suplai bahan bakar bersama udara yang terhisap karburator, bila air nyampur sama bensin maka pembakaran tidak sempurna.
Coba banyangkan air nyelonong ke ruang bakar, cairan berkode kimia H2 O ini jelas tak punya daya bakar, ketika dikompresi yang meledak Cuma kabut bensin dan udara, air tak bisa meledak dong, akibatnya pembakaran tidak sempurna, mesin kehilangan tenaga lantaran ledakan tidak cukup kuat menghajar piston bergerak kebawah, entakan seher berkurang maka tenaga yang disalurkan pun menyusut, motor berjalan tersedat-sendat.
Yang bahaya kadar air yang masuk banyak logikanya jika air lebih banyak ketimbang bahan bakar dan dikompresi sifat air yang tadinya cair berubah menjadi benda padat, bila kompresi terjadi pada putaran tinggi dijamin turun mesin, piston bisa bolong atau setang piston bengkok paling celaka dinding silinder hancur kerusakan itu disebut water hammer.
Awas terkadang air hujan nyelonong lewat lubang kabel gas meski dilengkapi ring karet kemungkinan itu bisa saja terjadi, apalagi o-ring sudah melar atau robek tetap saja ikutan tersedot masuk ruang bakar solusinya bisa ditutup sealer. Lebih perlu perhatian bila motor dipakai balap kondisi karet penutup tangki bensin harus diperhitungkan jika karet uzur, pasti air gampang masuk tangki bensin, biasanya pembalap jarang pakai sepatbor kolong. Begitu pula moncong karburator corong ini tak bisa tidak dihindarkan dari cipratan air, sekali air terhisap mesin ogah diajak lari. Sia-sialah korekan dan setingan mesin, air juga kurang ajar dia pintar banget menyusup ke sambungan kabel busi dan kepala busi ( cop ), bila ada air disitu arus dari koil terhalang.

Makanya mesti perhatikan kondisi kepala businya, periksa kondisi karet cop peranti ini sanggup menahan kecipratan air, mengantisipasinya boleh menggunakan sealer lekatkan lem karet ini disekeliling sambungan tadi niscaya air tak sanggup menerobos, semoga dengan begini motor tadak mengalami endut-endutan lagi ya.

 

TIPS MENGATASI MOTOR YANG ENDUT-ENDUTAN DISERANG HUJAN | admin | 4.5