TIPS MERAWAT MOTOR INJEKSI DENGAN MUDAH

 

Merawat Motor Injeksi – Untuk perawatan di motor matic dengan cara yang baik supaya tetep nyaman dikendarainnya dan tetap awet dalam kondisi apapun untuk masalah perawatan perlu diketahui yang mempunyai motor injeksi dengan tulisan ini bisa bermanfaaat bagi anda dan bisa bisa dilakukan sendiri nggak perlu ke bengkel itung-itung belajar servis dan ngurangin isi dompet anda.

 

TIPS MERAWAT MOTOR INJEKSI DENGAN MUDAH

Untuk perawatan motor yang khususnya yang menggunakan sistem pengabutan bahan bakar berupa injektor ini sebenarnya perawatan dengan menggunakan karburator maupun injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda kalau ada perbedaan Cuma pada bagian tertentu saja yang mendapatkan perhatian ekstra dan waktu perawatan saja.sebenarnya tujuan perawatan ini untuk menjaga kinerja motor agar sistem injeksi tetep makismal kinerjanya dan dapat mengurangi  terjadinya terjadi kerusakan khususnya dibagian injektor. Khusus untuk pemilik motor injeksi kalau sudah menempuh jarak 2.500 kilometer ada beberapa bagian yang perlu diganti agar tetap prima kinerja motornya, kalau pemilik yang males merawat motornya sendiri jika timbul keluhan adalah motor tidak akan bekerja dengan prima dan motor dibahan bakar bisa tekor.

Busi dan saringan udara

Sistem pengapian khususnya busi merupakan salah satu komponen motor yang mempunyai peran aktif yang fungsinya untuk memercikan bunga api yang dibutuhkan mesin saat terjadi pembakaran diruang bakar. Ketepatan percikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur dengan udara diruang bakar sangat sekali menentukan sempurna atau tidaknya terjadi pembakaran, untuk proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadi proses yang tidak maksimal dan menjadikan bahan bakar boros, tenaga mesin pun berkurang oleh karena itu selalu bersihkan busi agar percikan apinya tetap sempurna dan tetap selalu cek kerenggangan busi tersebut.

Dengan saringan udara bila saringan kotor maka dibersihkan bila sel-sel kertas telah kotor atau rusak lebih baik diganti saja dengan yang baru, saringan yang rusak atau kotor maka akan menjadikan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhalang, untuk proses terjadinya sempurna proses pembakaran diruang bakar mesin tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan bahan bakar.

Merawat ECU ( electronic control unit )

Otak yang mengatur keseluruhan adalah ECU seperti mengatur injektor, takaran bahan bakar yang disemprotan, buka tutup klep injektor sehingga apabila bagian ini terganggu maka kerja injektor tidak akan berjalan sebagaimana mestinya satu diantaranya semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takarannya. Akibatnya stasioner mesin pun tidak stabil bila kerusakan di ECU parah maka keadaan kendaraan tidak akan bisa jalan dan akan mogok, beberapa sebab kerusakan ECU antaranya bagian kelistrikan, yang berakibat konslet dikelistrikan motor tersebut. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk selalu mengecek kelistrikan apabila ada tambahan modifkasi yang untuk menambah tenaga listrik sebaiknya dipikir dulu pastinya efeknya ke sistem kelistrikan apabila memasang aksesoris tambahan pastikan keberadaan tidak berpengaruh ke kelistrikan dan mengganggu ke bagian ECU.

Selang saluran bahan bakar

Injektor yang fungsinya untuk menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan yang tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh ECU, selain perannya sangat penting untuk menentukan proses pembakaran diruang bakar mesin komponen tersebut juga menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar di motor. Untuk ketetapan kerja juga tergantung bagian lain termasuk selang dan pompa bahan bakar, kalau selang kotor atau bocor maka kinerja injektor tidak akan maksimal karena itu selang wajib diperiksa setelah motor berjarak 2.500 kilometer atau 3 bulan sekali.

Pompa bahan bakar

Kalau sepeda motor sudah mencapai kurang lebih 50 ribu kilometer sebaiknya melakukan pemeriksaan dipompa bahan bakar, untuk mendeteksi gejala mesin masalah di komponen ini cukup mudah caranya menghidupkan motor ditempat yang tidak bising dengarkan di bagian tangki apakah ada suara mendesing. Apabila ada suara mendesing berarti filter fuel pump terganggu, seandainya hal tersebut terjadi maka harus segera dibersihkan dan sekali gus menguras tangki bahan bakar supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal di motor anda.

Ketetapan posisi klep injektor

Untuk waktu dan tekanan klep diatur oleh ECU yang telah diprogram dari pabrikan, tak jarang posisi klep mengalami perubahan dikarenakan berbagai sebab karena itu supaya kerja injektor benar-benar tepat. Maka supaya pastikan klep berada posisi yang tepat artinya tidak terlalu renggang maka asupan bahan bakar kekomponen itu berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat akibatnya semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik. Alhasil proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga berkurang atau motor makin boros bahan bakar orang tidak menyadari masalahnya ada diklep ini karena percaya telah diatur oleh ECU.
Semoga dengan merawat bagian-bagian tersebut motor anda selalu terawat dan keadaan motor anda selalu prima tidak ada keluhan di motornya, semoga bermanfaat bagi yang mempunyai motor matic yang tidak paham tentang motor injeksi, sekian terima kasih.
Demikianlah pembahasan mengenai TIPS MERAWAT MOTOR INJEKSI DENGAN MUDAH semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
TIPS MERAWAT MOTOR INJEKSI DENGAN MUDAH | admin | 4.5