CARA MEMASANG NOKEN AS PADA MOTOR SATRIA FU YANG PERLU DIKETAHUI

CARA MEMASANG NOKEN AS PADA MOTOR SATRIA FU YANG PERLU DIKETAHUI

Cara Memasang Noken As satria Fu – Suzuki satria adalah motor yang banyak diminati untuk para pemuda yang seneng dengan tarikan yang kenceng karena satria yang memiliki kapasitas yag ber cc 150 dan berbody ringan, Suzuki satria fu yag menggunakan sistem DOHC motor ini tergolong canggih utuk kelas sepeda motor bebek. Dalam mesin satria fu terdapat 4 klep dan memiliki 2 buah cam shaft yang menjadikan motor ini dapat berlari sangat kencang yang disukai para pemuda yang memiliki andernalin tinggi.
Motor ini untuk ukuran motor bebek mesin satria fu tergolong sangat rumit, karena motor ini memliki sistem DOHC dan dengan karburator ber tipe vacuum. Di balik kecanggihan satria fu ternyata tak sedikit yang masih menemukan kendala dengan motor ini terutama dalam pemasangan komponen bagian mesin tersebut.
Cam shaft pada satria fu yang merupakan ciri khas DOHC mesin satria fu. Berteknologi mesin motor yang dapat pada satria fu, cara menyeting noken as satria fu pun agak sedikit rumit bagi yang tidak mengetahuinya pastinya mengalami kesulitan dalam memasang noken as pada motor satria fu.
Setiap motor yang memiliki mesin 4 tak pastinya membutuhkan pemasangan yang tepat atau biasa disebut dengan setel top noken as. Untuk perlu diketahui bahwa noken as berfungsi sebagai pengatur buka tutup klep valve, jika meleset sedikit saja pemasangan top noken as ini pastinya mengakibatkan masalah pada motor tersebut misalnya motor pastinya tidak hidup atau susah hidup dan kalau pemasangan salah bisa berakibat fatal bisa klep bengkok perlu ketelitian dan cara pemasangan yang benar saat pemasangan noken as khususnya yang bermesin DOHC.
Cara yang perlu diketahui pemasangan noken as satria fu
  • Posisikan piston pada TMA ( titik mati atas ) posisi TMa ini bisa dilihat pada lubang tutup magnet disebelah kiri ada tandanya huruf ‘ T ‘ pastikan tanda T segaris dengan tanda garis yang ada atau dengan lepas busi colok dengan obeng yang agak panjang untuk memastikan piston berada diatas.
  • Selanjutya pasang noken as exhaust ( klep buang ) biasanya terdapat tada ex pada badan noken asnya dan juga lihat di noken as exhaust disitu terdapat angka 1 sesuaikan angka 1 itu dibibir atau pinggir kepala silinder.
  • Lalu lihat bagian atas ada angka 2 ini sebagai untuk patokan pemasangan dengan noken as pada intake ( klep masuk ) lalu hitug dari angka 2 pada noken as exhaust sampai angka 3 pada noken as intake dan dari angka 2 ex sampai 3 in harus 16 mata dihitung dirantai sentrinya apabila tidak tepat pemasangan motor akan cepet panas.
  • Kemudian pasang komponen lainnya.

 

Untuk pemasangan pada noken as periksa terlebih dahulu pastikan klep mesin tidak ada kebocoran dan sudah benar-benar rapat. Saat memasang cam shaft sebaiknya dipastikan betul-betul setingan benar-benar tepat. Semoga bisa bermanfaat dan membantu.
CARA MEMASANG NOKEN AS PADA MOTOR SATRIA FU YANG PERLU DIKETAHUI | admin | 4.5