Cara Merawat Dan Memeriksa Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor

Cara Merawat Dan Memeriksa  Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor

Cara Merawat Dan Memeriksa  Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor – Pada kendaraan baik roda dua maupun empat ban dan roda sangat lah penting didalam pengoperasian dan ke stabilitas pengendaraan dan harus dapat memenuhi kebutuhan akan segala kondisi. Sebagai bantalan penahan berat pada sepeda motor harus dapat menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kondisi permukaan jalan ketika dijalankan, mampu mengatasi gaya yang diakibatkan oleh gaya pengemudian, pengereman dan gaya horizontal saat memutar.

Ban

Cara Merawat Dan Memeriksa Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor

Kondisi alur ban, Periksa setiap 2.500 km atau 3 bulan. Mengendarai sepeda motor dengan ban yang sudah aus akan mengurangi kestabilan pengendaraan dan konsekuensinya bisa mengundang bahaya.

Sangat disarankan untuk mengganti ban bilamana kedalaman alur ban telah mencapai batas spesifikasi yang diijinkan.

Kedalaman alur ban

  • Batas pemakaian :
  • Depan : 1,6 mm
  • Belakang : 1,6 mm

Tekanan ban

Bila tekanan ban terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi pengendalian kemudi dan ban akan lebih cepat aus. Oleh karena itu jagalah tekanan ban agar selalu dalam ukuran tekanan yang benar untuk kestabilan pengendalian dan untuk memperpanjang umur pakai ban.

Tekanan ban yang disarankan ( saat dingin ) adalah sebagai berikut :
Cara Merawat Dan Memeriksa Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor

TEKANAN BAN
SAAT DINGIN
kPa
Kgf/cm2
DEPAN
175
1.75
BELAKANG
225
2.25
  • PERHATIAN
    Sepeda motor ini menggunakan ban standar ukuran 70/90-14M/C 34P untuk depan dan 80/90-14M/C 40P untuk ban belakang. Penggunaan ban selain spesifikasi diatas dapat mempengaruhi kestabila. Sangat disarankan untuk menggunakan ban sesuai spesifikasi yang ditentukan.

Roda

Pastikan penyimpangan axial dan radial roda tidak melebihi batas pemakaian yang dijinkan ketika diperiksa seperti gambar. Membesarnya penyimpangan biasanya timbul karena keausan atau rusaknya bearing roda dan dapat ditanggulangi dengan cara mengganti bearing, bila dengan penggantian bearing penyimpangan tidak berkurang ganti roda.

  • Penyimpangan roda
    Batas pemakaian ( axial dan radial ) : 2,0 mm

Jari-jari

Pastikan jari-jari sudah kencang bila perlu kencangkan kembali dengan spoke nipple wrench.

  • Spoke nipple kekencangan : 4,5 N.m ( 0,45 kgf-m )

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Dan Memeriksa  Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Cara Merawat Dan Memeriksa Ban Dan Roda Pada Sepeda Motor | admin | 4.5