Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic

Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic

Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic – Pada umumnya dalam kinerja sebuah mesin bisa maksimal hal demikian karena adanya ketergantungan dan keterkaitan satu antara lain. Misalnya pada bagian kopling, dimana fungsi kopling ialah sebagai pemutus dan penghubung antara mesin dan tranmisi yang kemudian diteruskan ke gigi utama dan dihubungkan yang berakhir di putaran roda.

Cara Kerja Kopling Otomatis

Dalam hal ini sebenarnya sama saja dengan cara kerja pada kopling manual, namun yang berbeda hanya pada cara dalam pengoperasiannya saja. Untuk kopling otomatis tidak ditarika dengan kabel kopling ataupun ditekan dengan cairan hidrolik.

Akan tetapi kopling otomatis bekerja dengan mengandalkan komponen kopling sentrifugal yang berkerja mengikuti dari kecepatan mesin. Pada saat putaran mesin rendah “stasioner”, gaya sentrifugal dan kampas kopling, pemberat menjadi kecil yang sehingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling dan tertarik ke arah poros engkol, yang akibatnya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros engkol.

Pada saat putaran mesin bertambah, maka gaya sentrifugal semakin besar sehingga mendorong kanvas kopling mencapai rumah kopling dimana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali.

Pemeriksaan kopling otomatis

Sepeda motor ini dilengkapi dengan kopling otomatis dan sabuk penggerak transmisi dengan perbandingan tak tetap ( variable ratio belt drive transmission ), penyambungan kopling diatur oleh putaran mesin dan mekanisme sentrifugal yang terletak pada bagian kopling :

Pemeriksaan penyambungan awal

  • Hangatkan mesin hingga temperatur normal
  • Lepas penutup rangka bagian depan
  • Sambungkan kabel elektrik tachometer ke kabel busi
  • Duduklah diatas sepeda motor sementara sepeda motor diletakkan pada bidang datar, naikkan putaran mesin secara perlahan dan catat di berapa rpm sepeda motor mulai bergerak.

    Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic

Alat yang digunakan : tachometer

Rpm penyambungan kopling : 2.900 – 3.500 rpm

Pemeriksaan “ lock – up ’’ kopling

Lakukan pemeriksaan ini untuk menentukan kapan kopling menyambung sempurna dan tidak selip.

  • Tarik tuas rem depan dan belakang sekuat-kuatnya
  • Buka gas sepenuhnya dan catat putaran mesin maksimum yang dapat ditahan saat pengetasan.

Perhatian :

Jangan membuka gas penuh lebih dari 3 detik karena dapat merusak kopling atau mesin.
Lock-up rpm : 4.500 – 5.500 rpm

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic | admin | 4.5