Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak

Cara Mengetahui Kiprok Motor Rusak – Bagi pengguna motor yang sering mengalami lampu motor sering putus hal ini membuat ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti dengan yang baru tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus kembali atau terkadang menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan semua itu ternyata ada hubugannya dengan kiprok motor tersebut.
Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak

Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak

Kiprok merupakan komponen yang sangat berperan untuk pengaturan bagian kelistrikan motor dan juga kiprok cukup sensitif karena perannya yang langsug berhubungan dengan aki dan pesetabil arus pada sistem penerangan motor.

Sering kali terdapat kasus motor terkadang mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati hal tersebut karena disebabkan yang mungkin kondisi kiprok yang tidak lagi optimal bagaimana cara mengetahui kiprok motor yang sudah rusak atau kiprok mati susah-susah gampang untuk mengatasinya.

Kalau melihat pentujuk buku panduan cara mudah untuk mengetahui kiprok masih fungsi atau tidak caranya dengan menggunakan sebuah alat yang biasa digunakan pada kelistrikan yaitu multimeter.

Cara Mengetahui Ciri-Ciri Kiprok Sudah Rusak

Selanjutya bagaimana cara mengenali atau mengetahui ciri-ciri kiprok motor sudah rusak mati perlu diganti apabila tidak mempunyai multimeter kalau tidak punya jangan pusing ada cara lain untuk mengatasi atau mengenali kondisi kiprok.
  • Salah satu penyebab kiprok mati perlu diganti adalah lampu depan yang terkadang tiba-tiba redup atau bahkan langsung mati jika arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka ada kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung atau menempel kabelnya.
  • Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal ada kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan.
  • Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan kiprok sedah rusak.
  • Dan perlu juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak fungsi kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar karena disebabkan kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan yag keluar ke kiprok.

Bahwa kiprok itu terkadang masih fungsi untuk mengecas aki motor akan tetapi kiprok itu sudah rusak akibatnya tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok pada motor yaitu ±15V tanpa ada beban. Apabila motor sampeyan mengalami masalah pada motornya yang seperti gejala-gejala diatas segera dibawa ke daeler resminya untuk pengecekan atau perbaikan agar motor kembali maksimal atau prima kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak | admin | 4.5