Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar

Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar

Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar – Bahan bakar yang sering digunakan pada kendaraan dan yang paling banyak dibutuhkan baik roda dua maupun roda empat adalah bensin jika dibandingkan dengan bahan bakar lainya yaitu seperti solar dan gas, kenaikan harga minyak mengakibatkan kenaikan bensin naik. Sehingga biaya yang dipakai untuk kendaraan menjadi meningkat ada cara untuk menghemat bensin pada kendaraan seperti pada motor, dibawah ini bagaimana cara menghemat bensin agar yang dikeluarkan menjadi minim walaupun bensin harga minyak naik sekalipun.

Periksa tekanan pada ban

Salah satu untuk menghemat bahan bakar yaitu pada tekanan ban karena tekanan angin pada ban apabila berkurang pastinya dapat menimbulkan keborosan pada bahan bakar jadi pastikan tekanan ban di motor anda selalu diperhatikan sesuai ukuran tekanan ban.

Memanaskan mesin motor

Cara memanaskan motor cukup dengan berapa menit saja tidak perlu berlama-lama, karena model motor zaman sekarang memiliki desain yang sudah canggih, panaskan mesin motor selama beberapa menit sudah cukup baik apabila kelamaan panaskan mesin motor juga akan mengakibatkan knalpot menjadi merah dan cepat mengalami keroposan karena terlalu panas.

Mengatur jarak pada rem

Seandainya kampas rem menempel pada tromol atau pada piringan cakram tentu pastinya akan mengakibatkan kondisi motor menjadi berat sehingga pemakian bahan bakar menjadi boros perlu atur jarak main tuas rem motor baik rem depan maupun rem belakang jangan terlalu rapat seandainya terlalu rapat saat berjalan menjadi berat dan kondisi menjadi boros bahan bakar dan pengereman menjadi panas malah bisa membahanyakan pengendaranya.

Perhatikan jarak

Agar selalu memperhatikan juga jarak jangan sampai jarak dari stang motor bergerak, kurang lebih jarang yang ada merupakan jarak yang baik. Jangan sering memainkan gas cukup dengan stabil saja, dengan memudikan motor secara baik dan benar dapat menghemat bahan bakar gerakan gas dengan cara yang halus dan stabil pada mesin menggunakan rpm meter, usahakan rpm tidak melewati atau dengan mempertahankan kecepatan motor lebih sering antara 50-70 km/jam.

Pelumas ( oli yang sesuai )

Pelumasan yang baik pastinya membuat putaran mesin lebih ringan serta dapat menjaga kompresi diruang bakar dengan sempurna, dengan begitu dapat memaksimalkan mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat jarak tempuhnya, dan bahan bakar juga lebih irit untuk Cara Ganti Oli Mesin secara rutin dan tidak melebihi batas servis yang dianjurkan oli pabrikan akan membuat performa mesin selalu maksimal putaran mesin lancar dan tarikan enteng.

Penyetelan klep

Apabila celah klep terlalu longgar atau terlalu rapat bisa mengakibatkan tenaga mengurang, pengendara pun pastinya membentot gas lebih dalam demi meraih akselarasi yang cepat efeknya bahan bakar pun banyak kebuang untuk perlu diperhatikan untuk kerenggangan kompoen tersebut komponen tersebut kudu disetel dengan tepat dengan sesuai spesifikasi motornya.

Stel kopling

Cara peyetelan kopling stelnya jangan terlalu sensitif, artinya saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos, hal tersebut membuat kopling mudah selip saat gas dipelintir, kondisi motor pun jadi tertahan tapi putara mesin meninggi selain itu pastikan pula kondisi kampas kopling masih berforma cukup baik. Apabila sudah terlalu tipis atau aus segerahlah ganti yang baru.

Saat berkendara

Kemacetan bisa juga mempengaruhi kondisi motor menjadi boros saat motor macet khususnya di perkotaan besar diindonesia, pastinya memicu stress pengendaranya seseorang yang stress tinggi akan lebih memacu kendaraan lebih kencang tanpa memperhitungkan sekelilingnya, alhasil akan mengakibatkan bahan bakar menjadi kebuang banyak.

Busi

Busi juga perlu diperhatikan karena efeknya sangat berpengaruh pada kendaraan apabila kondisi busi sudah mencapai jarak tempuh 6.000 – 7.000 km lebih dari itu pastinya busi mulai menurun, hasil pembakaran diruang bakar juga menurun. Alhasil pemakaian bahan bakar menjadi boros sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun pastinya loyo tak bertenaga. Rajinlah membersihkan busi saat servis sebab bial elektroda busi sampai diselimuti kerak bisa menurunkan kualitas percikan busi, atur pula kerenggangan elektroda busi jarak kerapata yang telah di anjurkan oleh pabrikan.

Saringan udara

Saringan berjenis viscous element tidak boleh dibersihkan atau disemprot dengan angi yang bertekanan tinggi atau kencang, akan merusak saringan apabila tampak kotor atau sudah rusak ganti dengan yang baru, kalau yag berbahan busa bisa dicuci. Dengan saringan yang baru pastinya menghemat konsumsi bahan bakar dan tarikan motor pun jauh lebih enteng.

Tune up karburator

Saat servis lebih baik periksa atau membersihkan karburator guna untuk menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yang sempurna selain itu penyetelan tinggi pelampung selalu dicek sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin apabila dilakukan dengan tepat dapat mempengaruhi performa mesin pastinya mempengaruhi irit bahan bakar.
Sistem pendingin

Kestabilan suhu mesin sangatlah mempengaruhi performa kendaraan, apabila yang menggunakan pendingin air yang menggunakan radiator selalu sering mengecek kondisi air radiator apabila kurang perlu dengan menambah apabila ada kebocoran segera dibenerin agar supaya kondisi kendaraan tetap optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar | admin | 4.5