12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi “Paling Lengkap”

12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi “Paling Lengkap”– Sistem kode diagnose yang ditampilkan di FL 125 F1 berada pada panel speedometer dengan tampilan lampu merah bertuliskan FI. Lampu tersebut akan menyala apabila terjadi gangguan pada mesin dari masukan sinyal yang berasal dari sensor-sensor yang bermasalah.

Untuk mengetahui masalah sensor mana yang mengalami gangguan kita harus melakukan prosedur self diagnosis sebagai berikut :

  • Hubungkan mode select switct dengan konektor yang disediakan di dekat ECM
  • Arahkan mode select switch pada posisi on
  • Posisikan kunci kontak pada posisi on bersamaan dengan memutar penuh throttle grip ( lepas kembali ) biarkan hingga timbul kedipan pada lampu FI ( pada speedometer )

Akan muncul kode masalah di lampu FI dengan berkedip berdasarkan masalah yang timbul.

12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi "Paling Lengkap"

12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi “Paling Lengkap”

Setelah masalah yang timbul telah terselesaikan maka kita wajib untuk me-reset ulang kode yang timbul sebelumnya. Hal ini harus dilakukan mengingat kedipan yang disebabkan karena masalah yang timbul tidak akan hilang walupun masalah tersebut telah terselesaikan adapun prosedur untuk menghilangkan kedipan adalah sebagi berikut :

  • Hubungkan mode select switch dengan konektor yang disediakan didekat ECM
  • Arahkan mode select switch pada posisi on
  • Posisikan kunci kontak pada posisi on bersamaan denga memutar penuh throttle grip ( lepas kembali ) biarkan hingga timbul kedipan pada lampu FI ( pada speedometer )
  • Arahkan mode select switch pada posisi off dengan jeda waktu kurang lebih 1 detik setelah itu sesegera mungkin arahkan kembali mode select switch pada posisi on dengan jeda waktu kurang lebih 4 detik.
  • Ulangi point diatas selama 4 kali.

New shogun FI

00 : Tidak ada
12 : CKP ( crank position ) sensor
13 : IAP ( intake air pressure ) sensor
14 : TP ( throttle position ) sensor
15 : ET ( engine temperature ) sensor
21 : IAT ( intake air temperature ) sensor
23 : TO ( tip – over ) sensor
24 : Ignition coil
32 : Fuel injector
40 : ISC ( idle speed control valve )
42 : Ignition switch
44 : HO2 ( heated oxygen ) sensor

Untuk mempermudah proses diagnose memang ada alat scanner yang tinggal colok dan kerusakan langsung diketahui, untuk mendapatkannya pun sekarang mudah dan banyak dijual di toko online.

Untuk alat resmi mungkin hanya untuk jaringan servis resmi namun banyak sekarang satu alat scanner yang bisa digunakan oleh berbagai merek dan jenis sepeda motor.

Demikianlah pembahasan mengenai 12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi “Paling Lengkap” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi “Paling Lengkap” | admin | 4.5