3 MACAM GANGGUAN PADA GENERATOR

3 MACAM GANGGUAN PADA GENERATOR

teknikotomotif.com – Pinsip kerja genearator yaitu ketika gulungan kunduktor berputar dalam medan magnet, koil melintas medan magnet dan garis gaya magnet meningkat, arah arus berubah setiap berputar 180 derajat, besarnya garis gaya magnet bervariasi terhadap sudut coil dan garis gaya magnet akan maksimum jika bidang coil berhadapan pada susut yang tepat terhadap garis gaya magnet dan kembali nol jika paralel selanjutnya dihasilkan arus AC di koil, generator AC menghasilkan arus AC, dalam DC generator, magnet permanen atau elektro magnet berputar disekeliling stator coil, dalam generator DC yang sebenarnya, coil ( armature ) berputar didalam elektro magnet stationer. Apabila pada generator tidak berfungsi cara mengetahui penyebab-penyebabnya yaitu :

Kabel terlepas atau korslet atau sambungan terlepas

Kabel berkaitan dengan aktivitas bermacam-macam peralatan listrik ditinjau dari arus yang melaluinya, jika penggunaan kabel tidak tepat, tidak hanya berpengaruh pada kendaraan tetapi juga dapat menimbulkan kebakaran, hal inilah yang menyebabkan kabel menjadi komponen sangat penting dari keseluruhan sistem.
Terdapat 3 tipe kabel listrik yang dipergunakan dalam otomotif, kategori ini berdasarkan standar JIS.
  • Kabel tegangan tinggi adalah digunakan dalam rangkaian tegangan tinggi seperti kompenen pengapian.
  • Kabel tegangan rendah adalah digunakan pada rangkaian tegangan rendah ( pada rangkaian umum ).
  • Kabel berpelindung adalah digunakan untuk melindungi kabel / kawat terbuka untuk mencegah suara frekuensi tinggi.

 

Besar, panjang dan tipe kabel diperhitungkan berdasarkan kapasitas suplai daya, daya peralatan listrik pengurangan tegangan dan faktor-faktor lainnya, penampang kabel yang besar dan ukurannya pendek memliki tahanan yang rendah sehingga dapat mengurangi resiko kelebihan panas. Apabila terjadi masalah pada kabel seperi terlepas, korslet atau sambungan yang terlepas untuk mengatasi masalah tersebut cukup dengan diperbaiki atau dibetulkan saja.

Kumparan generator korslet

Kumparan adalah gulungan kawat konduktif dalam pola spiral, jika arus listrik mengalir melalui kumparan dengan arah yang ditunjukkan tanda panah, garis-garis gaya magnet dihasilkan dibeberapa bagian kumparan seperti garis-garis putus-putus dan arah garis-garis gaya magnet dalam kumparan akan berupa garis utuh.
Apabila arus listrik mengalir melalui sebuah kumparan yang mempunyai banyak putaran garis-garis gaya magnet, merupakan hasil dari jumlah garis-garis gaya magnet yang dihasilkan pada masing-masing putaran dank e dua ujungnya menjadi kutub utara dan kutub selatan, kumparan digunakan pada banyak peralatan listrik, termasuk motor starter, generator dan ignition coil ( kumparan pengapian ). Apabila komponen tersebut terjadi korslet maka cara mengatasi mengganti kompoen tersebut.

Regulator / rectifier rusak atau korslet

Regulator / rectifier adalah suatu alat yang merubah arus bolak balik menjadi searah dan selalu bekerja bersama dengan magnet roda daya dan generator AC, saat ini rectifier silicon paling banyak digunakan cara kerja rectifier silicon menggunakan cara kerja arus sebuah diode ( arus mengalir satu arah yang mengalir pada arah balik ) terdapat dua macam rectifier yaitu rectifier setengah gelombang dan rectifier gelombang penuh. Apabila komponen tersebut mengalami korslet cara mengatasi dengan mengganti denga yang baru saja.
3 MACAM GANGGUAN PADA GENERATOR | admin | 4.5