[5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya

[5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya – Pada kendaraan komponen seperti aki sangatlah penting khususnya pada sepda motor karena komponen tersebut bersama dengan generator digunakan sebagai pemberi arus listrik ke searah ke peralatan listrik seperti untuk starter,pengapian dan penerangan, komponen tersebut mempunyai kemampuan melepaskan arus yang besar kompak dan ringan dan berkapasitas besar.

[5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya

[5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya

Terdapat dua jenis untuk battery tersebut yang digunakan pada sepeda motor yaitu battery primer seperti battery kering dimana tidak dapat dipergunakan lagi bila arus listriknya habis dan battery sekunder dimana dapat melepas arus listrik sesuai kebutuhan dan dapat diisi ulang. Apabila komponen tersebut menurun kapasitasnya ada kemunginan penyebab apa saja penyebabnya kita uraikan dibawah ini :

Sistem / cara pengisian yang tidak benar

Sistem pengisan yang otipal sangkatlah berpengaruh sekali untuk kapasitas battery karena sistem kelistrikan sepeda motor biasanya menggunakan battery, yang digunakan untuk sumber dan memenuhi seluruh peralatan kelistrikan yang terpasang pada sepeda motor.

Kalau sistem pengisian bermasalah sangat berpengaruh sekali kepada penurunan kapasitas battery untuk mengatasi masalah tersebut adalah periksa stator, regulator / rectifier dan rangkaian hubungannya dan laksanakan penyetelan pengisian bila perlu.

Pelat-pelat sel battery sudah tak active lagi karena over charge

Pelat pada battery apabila sudah rusak atau tidak active lagi otomatis sangat berpengaruh sekali kepada battery karena pelat tersebut komponen terpenting pada battery, untuk mengatasi masalah tersebut jalan keluarnya yaitu ganti battery dengan yang baru adan perbaiki juga sistem pengisian agar kembali normal kembali.

Berat jenis battery yang terlalu rendah

Hubungan antara berat jenis cairan eletrolit dengan volume pemakaian, berat jenis juga sangat berpengaruh penurunan kapasitas battery, pada bettery yang menggunakan cairan elektrolit dengan berat jenis 1,280 ( 20 C ) saat bettery dalam kondisi penuh, untuk mengatasi berat jenis terlalu rendah yaitu dengan strom battery tersebut dan sesuaikan BJ cairannya.

Reaksi pada cairan battery

Saat pengosongan dihubungkan dengan sirkuit kelistrikan sehingga arus listriknya mengalir, terjadi reaksi kimia diantara peroksida timah hitam dan kerak timah hitam yang mengakibatkan kutub-kutub posistif dan negative bersama asam sulfat, menghasilkan cairan elektrolit dan asam sulfat mejemuk ( sulfat timah hitam ) pada saat yang sama menghasilkan air bila pengosongan ini dilakukan terus menerus maka berat jenis jumlah tegangan dan cairan elektrolit akan berkurang sesuai waktu tempuhnya.

Saat pengisian kebalikan dari pengosongan ketika arus listrik dialirkan ke battery ( charging ) asam sulfat di kedua kutub positif dan negative yang telah menjadi timah hitam sulfat saat pengosongan dipisahkan dan berat jenis cairan elektrolit kembali ke nilai standar semula plat positip kembali menjadi timah hitam peroksida dan plat negative menjadi kerak timah hitam sehingga battery dapat dipakai lagi. Untuk mengatasi reaksi pada cairan bettery kapasitas penurunan battery yaitu ganti cairannya dan strom kembali serta sesuaikan BJnya.

Battery yang sudah terlalu lama

Battery yang sudah digunakan terus-menerus lama kelamaan sangat mempengaruhi penurunan sumber arus yang ada di battery karena penggunaan juga mempengaruhi komponen-komponen pada bettery kemungkinan karena kondisi ada kerusakan hal tersebut mempengaruhi kapasitas battery untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengganti bettery yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai [5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[5 Hal Ini Harus Tahu] Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya | admin | 4.5