Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor – Magnet roda daya adalah generator magnet yang menghasilkan medan dari magnet permanen, magnet bekerja sama dengan roda daya ( fly wheel ) dan membangkitkan listrik dengan cara memutarnya mengelilingi kumparan.

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Berbagai fungsi seperti pengapian, penerangan dan pengisian dapat terpenuhi dalam satu rakitan, sehingga sistem seperti ini biasa digunakan pada sepeda motor kapasitas kecil ( small displacement ).

Kontruksi

Magnet rodanya secara umum terdiri dari sebuah stator dan sebuah roda daya stator terpasang pada crankshaft yang terdiri dari kumparan pengapian ( primary coil ).

Dan kumparan penerangan ( lighting coil ) yang digunakan untuk memberikan listrik untuk penerangan dan pengisian sebuah magnet permanen melekat pada roda daya dan berputar bersama crankshaft.

Cara kerjanya

Saat roda daya berputar, fluks magnet dalam stator bergerak dengan gerakan bolak-balik, sehingga tegangan diinduksikan dalam lighting coil atau charging coil, arus bolak-balik langsung digunakan.

Untuk peralatan yang menggunakan sumber listrik AC seperti lampu depan, sedangkan untuk mengisi battery arus bolak-balik mengalir penyearahan oleh diode sebelum melakukan pengisian.

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor | admin | 4.5