Cara Kerja Regulator Transistor “Untuk Perlu Diketahui”

Cara Kerja Regulator Transistor “Untuk Perlu Diketahui”

Cara Kerja Regulator Transistor “Untuk Perlu Diketahui” – Regulator transistor menggunakan transistor sebagai pengganti kontac point seperti pada regulator type tirril untuk mengurangi masalah perawatannya ( tidak adanya oksidasi penyetelan gop dsb ).

Keuntungan

  • Karena tidak ada kontak mekanis pengaturannya sangat baik dan diperlukan penyetelan kembali, tidak akan menjadi kotor atau terbakar dan sangat tahan terhadap getaran.
  • Bentuknya kompak dan ringan
  • Sangat kuat dan tahan air

Rangkaian dasar

Cara Kerja Regulator Transistor "Untuk Perlu Diketahui"

Cara kerja

Saat main switch ON, arus mengalir melalui R1 Ke TR1 menghidupkan TR1 ( ON ) arus mengalir melalui field coil melalui TR1 TR2 masih mati ( off ), ketika putaran mesin meningkat tegangan yang dihasilkan meningkat dan ZD menyala kemudian TR2 menyala on karena masuk arus basis dari ZD saat ini arus basis TR1 terputus TR2 menyala.

Tegangan o/p gon menjadi nol, saat tegangan o/p nol, TR1 menyala dan arus mulai mengalir lagi ke field coil, proses ini berulang-ulang dan mengatur tegangan o/p nya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Regulator Transistor “Untuk Perlu Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Kerja Regulator Transistor “Untuk Perlu Diketahui” | admin | 4.5