Cara Dan Masa Kerja Valve Timing

Cara Dan Masa Kerja Valve Timing

Cara Dan Masa Kerja Valve Timing – Adalah waktu membuka dan menutup katup isap ( intake valve ) dan katup buang ( exhaust valve ), valve timing sangat menentukan hasil kerja mesin karena hal ini sebagai pengatur saat pemasukan dan pembuangan, waktu membuka dan menutup katup ini dapat dinyatakan dengan grafik berikut ini :

Cara Dan Masa Kerja Valve Timing

Katup isap buka : 30 derajat sebelum TMA
Tutup : 58 derajat sesudah TMB
Katup buang buka : 59 derajat sebelum TMB
Tutup : 27 derajat sesudah TMA
Sudut Overlap : 57 derajat

 

Sudut-sudut ini adalah contoh yang diambilkan dari mesin SUZUKI FD 110 SHOGUN

Overlap katup

Selama langkah pembuangan dan pemasukan terdapat keadaan yang dimana kedua katup terbuka semua, dengan keadaan tersebut dinamakan dengan overlap katup sedangkan sudutnya disebut sudut overlapping valve timing.

Hal ini sangat diperlukan agar kondisi didalam saat proses pembuangan sisa gas akan ikut ditekan oleh campuran gas baru yang akan masuk ke dalam sebuah silinder, sehingga saat proses ini akan membantu proses pembuangan secara lengkap dan proses pemasukan yang efektif dan hal tersebut akan menghasilkan tenaga yang baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Dan Masa Kerja Valve Timing semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 


Cara Dan Masa Kerja Valve Timing | admin | 4.5