Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery)

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery) – Aki atau battery pada kendaraan sangatlah penting karena sebagai pemberi arus listrik yang searah ke rangkaian-rangkaian yang memerlukan asupan listrik misalnya seperti sistem starter, sistem pengapian dan peralatan untuk penerangan.

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery)

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery)

Kemampuan battery sangatlah penting karena mempunyai yang dapat melepaskan arus yang sangat besar, kompak dan ringan dan berkapasitas besar. Maka dari itu sangatlah penting sekali bagi yang mempunyai kendaraan baik mobil maupun sepeda motor untuk menjaga atau merawat komponen tersebut.

Memeriksa aki baru

  • Jika aki sudah pernah discharge atau di cas dan ditambah cairan
    Jika aki sudah pernah dicharge ( pengisian pertama aki baru saat cairan elektrolit ditambah ) listrik yang tersimpan dapat menurun akibat penurunan voltase sendiri, saat aki disimpan dan tinggi level cairan elektrolit dapat turun akibat penguapan. Aki secara berkala harus dicharge dan cairan elektrolit harus bertambah. Aki akan discharge dengan sendirinya secara cepat jika suhu cairan elektrolit tinggi pastikan aki disimpan ditempat kering ( dingin ) di lokasi gelap dimana tidak berhubungan langsung dengan sinar matahari dan dimana suhu tidak berubah-ubah.
  • Aki siap pakai tanpa cairan ( kering )
    Aki siap pakai telah discharge jika plat kutub-kutub tersebut berhubungan dengan udara saat disimpan bahan kimia akan berubah mengakibatkan efek memburuk. Saat aki disimpan periksa tutup aki apakah tertutup dengan rapat dan tidak ada kebocoran dari lubang ventilasi.

Memeriksa aki yang sedang digunakan

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery)

  • Memeriksa tinggi cairan eletrolit
    Saat menggunakan aki dengan kondisi discharge dan charge berlangsung seimbang sering kali air didalam cairan eletrolit berkurang karena electrolysis dan penguapan sehingga tinggi cairan turun. Tinggi cairan elektrolit harus diperiksa berkala dan jika sudah turun tambahkan air murni atau air yang disaring untuk menaikkan tinggi cairan sesuai nilai spesifikasi, jika tinggi cairan turun dengan waktu yang singkat periksa sistem pengisian.
  • Memeriksa berat jenis cairan elektrolit
    Berat jenis dari cairan elektrolit turun seimbang dengan kapasitas discharge jadi ukurlah berat jenis setelah kamu tahu berapa banyak discharge terjadi, umumnya untuk mengukur berat jenis cairan elektrolit di aki digunakan pengukur khusus berat jenis ( hydrometer ). Untuk membaca ukuran berat jenis dengan benar pegang depan ( muka ) alat pengukur dekatkan dengan tinggi mata.

B.J.
PENILAIAN
PERLAKUAN
1,250 – 1,280
Baik
1,220 – 1,250
Kurang baik
Perlu dicharge
Kurang dari 1,220
Buruk ( terlalu rendah )
Harus dicharge atau ganti

Memeriksa selang udara aki

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery)

Periksa selang udara aki benar-benar tidak tersumbat tertusuk, bengkok atau rusak. Juga pastikan ujung selang searah dengan rantai saat memasang selang, pastikan terpasang dengan benar.

Pemeriksaan lainnya

Kadang kala bagia luar aki kotor menyebabkan tutup cairan longgar atau cairan tumpah keluar diatas permukaan saat aki dicharge, aki harus dijaga tetap bersih dan kering.

  • Casing ( rumah ) aki terbuat dari synthetic resin tahan terhadap oli, tetapi jika bensin masuk kedalamnya dapat menyebabkan retak, jagalah aki dari bensin atau bahan lain yang mudah terbakar.
  • Periksa ujung terminal ( kutub aki ) pastikan tidak ada karat, jika terdapat karat siram dengan air hangat diatasnya dan gosok dengan sikat.
  • Periksa dan pastikan tidak ada yang rusak, jika ada periksa permukaan contact bersihkan dan kencangkan kutub. Jika aki tidak ditempatkan dengan aman getaran keras yang terjadi saat motor bergerak dapat memendekkan umur pakai aki, terminalnya juga harus terpasang dan terikat dengan kencang.

Pecah dan penyebabnya

Sangat jarang aki pecah akibat penggunaan yang normal, pecah banyak disebabkan akibat kelalaian penanganan atau perawatan yang kurang, umumnya penyebab pecahnya aki yang paling masuk akal.

  • Overcharging
  • Pengisian dengan arus cepat tinggi
  • Pengisian kurang
  • Cairan elektrolit kurang
  • Meninggalkan aki sesudah dicharge
  • Kesalahan pemasangan

Overcharging dan charging dengan arus cepat dapat menyebabkan air di cairan elektrolit hilang dengan cepat, akibatnya cairan elektrolit harus tinggi konsentrasinya dan dapat menyebabkan kerusakan saparator dan kutub aki.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Yang Benar Memeriksa Dan Merawat Aki Motor (Battery) | admin | 4.5