Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor

Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor – Untuk menentukan roda gigi magnet dan generator AC dalam kondisi baik, voltase pengisian diukur dan pengisiannya dievaluasi, pengevaluasian dibuat dengan mengukur nilai tahanan antara ke dua ujung terminal dari kumparan generator, rectifier dan regulator.

Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor

Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor

Memeriksa kebocoran aki

( ini dilakukan sebelum memeriksa lainnya )
Matikan saklar pengapian, seperti ditunjukkan pada ilustrasi, hubungkan tester antara terminal ( – ) battery dan kabel ( – ) jika jarum bergerak melewati nilai standar, mungkin terjadi hubungan pendek pada sirkuit listrik tersebut.

Memeriksa roda gigi megnet dan generator pengisi AC

Memeriksa tegangan pengisian

Jika roda gigi magnet menggunakan tegangan regulator, ukurlah voltage DC ke terminal aki ( ke terminal ( + ) dan ( – ) dengan putaran mesin 5000 rpm, pastikan berada pada nilai standar ( saklar dimmer harus disetel pada posisi HI ). Untuk generator AC, ukur voltage DC antara terminal ( + ) dari relay starter atau terminal ( + ) aki dan ground pada putaran mesin 5000 rpm, pastikan berada pada nilai standar ( saklar dimmer harus disetel pada posisi HI ). Nilai yang diukur harus sesuai dengan nilai standar ( saklar dimmer harus disetel pada posisi HI ).

Memeriksa kumparan stator

Gunakan multi tester ukur nilai tahanan antara ke dua terminal, kumparan stator menggunakan tegangan rendah tetapi punya kabel yang kuat, sehingga jarang rusak. Periksa sambungan-sambungan yang disolder, hubungkan pendek dan masalah lainnya.

Memeriksa rectifier

Untuk rectifier ukur konduktivitas antara terminal-terminalnya gunakan multi tester. Tester harus menunjukkan adanya hubungan satu polaritas searah, bila mesin dihidupkan tanpa battery, tegangan listrik akan meningkat dan dapat menyebabkan kerusakan permanen, jadi berhati-hatilah.

Memeriksa regulator ( regulator tegangan )

  • Pemeriksaan dengan menggunakan pocket tester
    Periksalah konduktivitas antara terminal-terminal regulator dengan pembungkusnya, dimana seharusnya tidak terjadi hubungan. Pemeriksaan ini harus dilakukan berulang kali dengan menggunakan jarum pengetes ( + ) dan ( – ) secara bergantian.
  • Pemeriksaan dengan menggunakan battery
    Karena beberapa sirkuit listrik seperti tahanan dan dioda sender tidak dapat diperiksa dengan menggunakan pocket tester, maka pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut ini. Hubungkan sebuah bohlam ( 3-10w ) ke battery dan periksalah dengan cara mengikuti petunjuk, memang dengan cara ini tidak dapat mengetahui nilai tegangan sebenarnya setidaknya bohlam yang digunakan menunjukkan nilai tegangan yang setara atau lebih dari tegangan battery.

Memeriksa regulator rectifier

Regulator rectifier adalah gabungan dari sebuah regulator dan rectifier yang disatukan dalam satu unit, gunakan pocket tester dan periksa konduktivitas dan nilai tahanan antara terminal-terminal kabelnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor | admin | 4.5