[CARA YANG BENAR] MENGETAHUI PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MESIN MOTOR BERBUNYI KASAR

[CARA YANG BENAR] MENGETAHUI PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MESIN MOTOR BERBUNYI KASAR
teknikotomotif.com – Pada sebuah kendaraan khususnya di sepeda motor apabila ada sesuatu atau masalah yang timbul saat dipakai atau dikendarai pastinya membuat tidak nyamannya pengendara tersebut apalagi suara yang tidak nyaman dikendaraan tersebut yang otomatis membuat kendaraan tersebut tidak maksimal dalam beroperasinya, agar kendaraan bekerja dengan maksimal saat dikendarain makanya perlu dengan pengecekan, bila perlu dibenerin apabila ada komponen yang bermasalah. Hal-hal yang perlu untuk diperhatikan apabila dengan tesebut ada suara bunyi yang membuat tidak nyaman dikendaraan harus cepat di perbaiki agar tidak lebih parah lagi saat dikendarain seperti dibawah ini :

Katup berbunyi

Katup adalah suatu komponen yang sangat penting dikendaraan khususnya di motor yang memliki mesin 4 langkah ini, yang fungsinya membuka dan menutup untuk melakukan pemasukan dan pembuangan yang berbentuk cendawan ( mushroom ) dan disebut “ poppet valve ” klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik turun sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi. Tahan terhadap panas, tahan gesekan dan dapat dapat berfungsi baik sebagai seal dengan dudukan klep untuk ini klep harus terbuat dari baja special ( nickel-chrome steel ).
  1. Klep masuk
    Klep masuk menerima panas pembakaran dan didinginkan oleh campuran gas yang mengalir masuk ke ruang bakar, sehingga klep mengalami pemuaian yang tidak merata yang akan berakibat dapat mengurangi efektivitas kerapatan pada dudukan klep, untuk meningkatan efisiensi biasanya lubang pemasukan dibuat sebesar mungkin.
  2. Klep buang
    Klep buang menerima tekanan panas yang lebih tinggi hal ini tentunya akan mengurangi efektivitas kerapatan. Pada bagian dudukan klep mudah terjadi keausan, untuk menghindari hal ini kelonggaran / clearance antara valve steam dan steam head dibuat lebih besar.

 

Bagian yang berbunyi di katup yang perlu diperbaiki

  • Kerenggangan klep terlalu renggang hanya perlu disetel saja
  • Pegas-pegas klep lemah atau patah perlu dengan penggantian
  • Permukaan rocker arm atau cam aus perlu dengan penggantian
  • Jurnal camshaft aus atau hangus perlu penggantian

 

Bunyi yang disebabkan oleh piston

Piston merupakan komponen yang sangat penting dimesin karena untuk membentuk ruang bakar pada kendaraan, piston terbuat dari cetakan aluminium alloy, material piston terdiri dari bahan yang bermutu tinggi yang menekankan pada kekuatan, penghantar panas yang baik, ringan dan nilai mulai yang rendah, berbeda dengan mesi 2 langkah, piston mesin 4 langkah terdapat 3 alur tempat dudukan ring piston dan pada bagian alur ring oli, terdapat lubang pelumas oli. Untuk menghindari sentuhan kepala piston dengan klep masuk dan klep buang pada saat piston mencapai titik mati atas ( TMA ) yang mana pada saat ini, klep berada pada posisi terbuka ( overlap ) maka pada bagian kepala piston diberi coakan.

Bagian yang perlu diperbaikan atau pengecekan yang disebabkan oleh piston

  • Piston atau cylinder aus perlu untuk pergantian
  • Ruang bakar banyak arang perlu dengan dibersihkan
  • Pin piston atau lubang pen pada piston aus perlu pergantian
  • Ring piston atau alur ring aus perlu dengan pergantian

 

Bunyi disebabkan oleh camchain

Camchain adalah suatu komponen yang memiliki fungsi untuk meneruskan putaran crankshaft ke camshaft, menentukan saat buka tutup katup.

Bagian yang perlu diperbaiki

  • Rantai kemungkinan sudah melar atau memanjang perlu dengan penggantian
  • Bagian sprocket sudah mengalami keausan perlu dengan penggantian
  • Setelan rantai sudah tidak berfungsi kembali perlu dengan perbaiki atau penggantian

 

Bunyi disebabkan oleh kopling

Kopling adalah suatu alat yang digunakan menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentranmisikan daya mekanis, kopling biasnya tidak mengizinkan pemisah antara dua poros saat beroperasi, pada saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang telah dibatasi sehingga dapat mengakibatkan slip atau terputus ketika melebihi batas putaran telah dilewati. Tujuan utama dari kopling untuk menyatukan dua bagian yang dapat berputar dengan pemilihan pemasangan dan perawatan yang teliti, peforma kopling bisa maksimal kehilangan daya bisa minimum dan biaya perawatan bisa diperkecikan.

Bagian yang perlu dipeerbaiki

CARA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT “ MESIN BUNYI ” YANG MEMBUAT TERGANGGU
  • Sepatu kopling aus atau selip perlu dengan penggantian
  • Plat kopling aus atau selip perlu dengan penggantian

 

Bunyi disebabkan oleh crankshaft ( poros engkol )

Untuk mesin yang memeliki satu cylinder pada umumnya rangkaian poros engkol terpasang dalam satu rangkaian sedangkan untuk mesin cylinder banyak rangkaian poros engkol terintegrasi dan terbuat dari baja special. Untuk menjaga agar poros engkol dapat berputar dengan lancar, poros engkol dibantu oleh connecting rod yang dihubungkan dengan crank pin dan main bearing ( metal ) yang terpasang fit pada crankcase. Lubang oli pada crankcase berhubungan dengan lubang oli pada poros engkol yang berfungsi untuk melumasi bearing pada connecting rod ( big end ).

Bagian yang perlu untuk diperbaiki

  • Bearing bunyi kasar perlu pergantian
  • Bearing big-end hangus atau aus perlu diganti
  • Bearing jurnal hangus atau aus perlu diganti
  • Kerenggangan terlalu besar perlu dengan pergantian atau setel dengan mengganti shim

 

[CARA YANG BENAR] MENGETAHUI PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MESIN MOTOR BERBUNYI KASAR | admin | 4.5