Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor

Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor – Bagi pengguna motor matic maupun motor bebek atau sport yang sudah menggunakan sistem injeksi pastinya tidak asing lagi yang namanya dengan injector, komponen ini yang cara kerjanya untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar pada sepada motor yang telah bertenologi injeksi, sebagus apapun secanggih apapun namanya buatan manusia juga pastinya mengalami kerusakan juga pada komponen tersebut. Untuk lamanya rusak ? pada sepeda motor Honda, komponen tersebut rawan rusak pada usia sekitaran 5 tahunan, untuk itu perlu harus sudah mulai diperhatikan dari gejala kerusakan pada injecktor tersebut.

Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor

Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor

Untuk injector pada sepeda motor Honda pastinya sudah melewati masa uji, estimasi kerusakan juga telah dihitung sekitar 50.000 kilometer atau masa batas waktu sekitar 5 tahunan,jadi komponen ini sangat jarang mengalami kerusakan pada injecktor ini.

Perlu yang diketahui adalah indikasi kerusakannya? Yang sering terjadi yaitu kondisi saat langsam yang tidak stabil dan ketika mesin hidup pun terkadang ketidak beresan saat gas dibuka – tutup masalahnya gejala ini sama seperti kerusakan pada komponen saluran bahan bakar yang lainnya. Seperti tangki bahan bakar, fuel pump selang bensin dan injector apabila terdeteksi ada kerusakan pada bagian tersebut ada beberapa tahapan pemeriksaan yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Bisa jadi tekanan fuel pump yang kurang, cara mengukurnya dengan menggunakan preassure tester, tekanan pada bahan bakar harus dalam ukuran yang sesuai dengan buku manual pada motor Honda mempunyai ukuran yang pasti.

Pada tekanan fuel pump 294 kPa pada putaran stasioner atau sekitar 43 psi atau 2,94 bar, jika apabila kurang dari angka yang telah disebutkan berarti fuel pump atau selang bahan bakar telah mengalami masalah. Apabila tekanan pada bahan bakar normal, diurutkan lagi pada kondisi injector berikutnya baru mengarah ke injektornya apakah injector dapat menyemprotkan tapi debit bahan bakarnya kurang akibat terhalang oleh kotoran atau tidak menyemprot sama sekali hal ini perlu untuk dites yaitu menggunakan alat injector tester.

Dengan menggunakan alat injector tester debit semprotan pada injector sekaligus arah semprotannya, dari situ baru dapat disimpulkan masih cukup layak atau tidak apabila tidak layak sebaiknya ganti saja, lagian part tersebut harganya tidah begitu terlalu mahal yaitu Rp 170 ribu untuk motor Honda beat.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :

 


 

 

 

 

 
 

Cara Paling Jitu Mengetahui Gejala Kerusakan Injecktor Pada Motor | admin | 4.5