Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian

Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian – Jumlah volume campuran bahan bakar yang masuk ke dalam silinder pada saat langkah isap secara teoritis sama dengan volume langkah piston dan TMA ke TMB.Volume ini selanjutnya akan menghasilkan tenaga apabila campuran gas tersebut dibakar.

Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian

Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian

Tetapi kenyataannya terdapat beberapa penyimpangan yang menyebabkan volume campuran gas yang masuk ke dalam silinder lebih kecil dari volume langkah piston. Penyimpangan tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu tekanan udara, temperatur udara, sisa gas bekas, panjang saluran dan bentuk saluran.

Besarnya volume gas yang sebenarnya masuk ke dalam silinder dapat dinyatakan dalam suatu angka perbandingan antara volume campuran gas yang masuk dengan volume langkah piston dari TMA ke TMB angka perbandingan ini selanjutnya disebut “ EFISIENSI VOLUMETRIK ’’.

Dalam hal ini menentukan berat dari suatu gas haruslah ditentukan dulu patokan dari temperatur dan tekanan, sehingga dapat diketahui perubahan dari volume menjadi berat untuk gas tersebut. Sebagai patokan telah ditetapkan dengan suatu harga temperatur dan tekanan yang biasanya dikenal dengan “ STANDAR TEMPERATURE AND PRESSURE ’’ yang menetapkan bahwa temperatur standar = to = 150 C dan tekanan standart = Po = 760 cmHg = 1 atmosfir.

Di samping itu dengan menggunakan rumus :

P.V = n R.T

Juga dapat di lihat hubungan antara berat, volume tekanan serta temperatur dari suatu gas. Dengan kondisi tertentu dari suatu gas juga dapat ditentukan berat dari gas tersebut dimana apabila berat gas yang masuk ke dalam silinder diperbandingkan dengan berat gas yang sebenarnya masuk ke dalam silinder.

Dengan kondisi tertentu pula akan didapat suatu harga perbandingan yang sama dengan efisiensi volumetrik, apabila kondisi-kondisi gas berubah ke kondisi standart, maka baik dalam bentuk volume maupun besar dari gas bila diperbandingkan seperti telah diuraikan sebelumnya akan menghasilkan suatu harga perbandingan yang selanjutnya disebut dengan EFISIENSI PENGISIAN.

Efisiensi volumetrik = Jumlah vol. camp. Gas pada P dan T : Volume langkah

Atau :

Efisiensi volumetrik = Jumlah berat gas yang dapat masuk ke dalam sil. Pd P & T : Jumlah berat gas yang seharusnya masuk ke dlm sil. ( sebesar vol. langkah ) pada P & T

Sedangkan :

Eff.Pengisian = Jumlah vol. gas pd P & T sekeliling dirubah ke Po & To : Volume langkah

Atau :

Eff pengisian = Jumlah berat gas yang dpt masuk ke dlm silinder pd P & T : Jumlah berat gas yang seharusnya masuk ke dlm sil dlm Po & To

Demikianlah pembahasan mengenai Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Efisiensi Volumetrik Dan Efisiensi Pengisian | admin | 4.5