Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor

Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor

Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor – Koil berfungsi untuk merubah tegangan rendah dari batray menjadi tegangan tinggi untuk menghasilkan bunga api pada busi. Tengangan tersebut bisa mencapai 5000 sampai 25000 volt tergantung perbandingan jumlah lilitan kumparan primer dengan kumparan sekunder.

Struktur dan fungsi dari koil pengapian

Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor

Inti besi

Bersihkan lebih dari 10 lembaran besi / sheet

Secondary koil

Kawat tembaga dengan ketebalan 0,1 mm melilit lebih dari 10.000 lilitan mengelilingi inti besi, ujung lilitannya menuju ke terminal high voltage dan satunya lagi ke primary koil, tiap layer lapisan dari koil terbungkus oleh lapisan film.

Primary coil

Kawat tembaga dengan ketebalan 0,5 – 1 mm mengelilingi sebanyak ratusan lilitan diatas lapisan penyekat yang menutupi lilitan secondary koil, cara kerja koil ketika perubahan drastic terjadi pada arus yang ada primary koil akibat dari aksi contac breaker yang nonstop sehingga sinyal listrik 200 – 300 volt terinduksi di dalam koil.

Karena terinduksi sendiri sehingga tegangan menjadi 10 KV – 20 KV pada lilitan secondary oleh induksi mutual sesuai dengan ratio jumlah lilitannya sehingga disebut menyerupai trafo.

Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor

Memeriksa koil pengapian

Untuk menilai koil pengapian baik atau tidak gunakan elektrotester untuk mengukur celah antara tidak jarum ukur tersebut, api harus dihasilkan di atas celah kurang dari 8 mm dan kurang dari 10 menit terus menerus.

Sebelum memeriksa kekuatan api, pastikan terminal pada cap plug dari kabel tegangan tinggi tersambung dengan aman, untuk memeriksa pengapian, karat dan masalah lainnya. Juga periksa koil pengapian mendapat ground. Jalan lain untuk memeriksa hubungan itu gunakan multi tester dan ukurlah nilai tahanan dari koil utama dank e dua, pastikan berada pada nilai standarnya.

Memeriksa kabel tegangan tinggi

Karet pada bagian luar yang digunakan sebagai insulator dapat rusak sesudah dipakai, menembah buruk insulatornya, jadi periksa permukaan dari karet yang retak dan jika ditemukan gantikan kabel tersebut dan juga perhatikan dari lecet atau rusak.

Memeriksa kebocoran tegangan primer dari coil ignition

Ketika memeriksa kebocoran tegangan dari coil ignition : pasang busi pada semua kabel businya kemudian tempelkan pada bodi atau mesin dan groundkan ( beri massa ). Pasang multi tester untuk mengetes kebocoran tegangan dan hubungkan.

Tekan tombol stater dan poros mesin berputar selama dua atau tiga detik, kemudian ukurlah kebocoran tegangan primernya, jika tegangan diatas standar, periksa aki, busi, cap busi, ignition coil, signal generator dan control FI.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Fungsi Koil Pengapian Dan Cara Kerjanya Pada Sepeda Motor | admin | 4.5