INI CARA YANG BENAR UNTUK MENGETAHUI GEJALA YANG TIMBUL DI KOMPONEN CVT MOTOR MATIC

INI CARA YANG BENAR UNTUK MENGETAHUI GEJALA YANG TIMBUL DI KOMPONEN CVT MOTOR MATIC

teknikotomotif.com – Untuk kendaraan khususnya sepeda motor yang menggunakan sistem CVT pada motor matic, komponen tersebut mempunyai tugas yang seperti rantai pada motor bebek manual, fungsinya untuk menyalurkan tenaga mesin menuju ke roda belakang cara kerjanya pada sistem ini agak lebih rumit di banding dengan menggunakan rantai karena dibagian tersebut terdapat bagian-bagian seperti per, kampas sentrifugal, roller, rumah roller, rumah kopling, v-belt dan masing banyak lagi bagian yang lainnya.
Seandainya ada komponen yang telah mulai aus atau sudah mau rusak otomatis pada kinerja bagian tersebut dan suara yang timbul yang tak wajar ini tanda bahwa komponen tersebut bermasalah, agar tidak salah nebak-nebak coba diperiksa dan dicek bagian yang bermasalah tersebut.
Untuk kerusakan pada bagian CVT pada umunya berefek pada saat tarikan dan performa motor matic tersebut dan bisa berpengaruh juga pada konsumsi bahan bakar yang semakin boros yang pastinya membuat kantong atau dompet kebobolan. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Roller

Pastinya tidak asing lagi bagi pengguna matic komponen tersebut, untuk komponen ini paling sering didapati roller tersebut yang sudah peyang atau hancur, gejala tersebut seperti terdengar bunyi ngrecek-ngerecek di bagian atau area CVT pada bagian depan, cara mengatasinya dengan mengganti roller tersebut.

Rumah roller

Tempat roller untuk bergerak ini bisa tergerus yang efeknya sangat berpengaruh pada tarikan yang kerasa berat dan seperti tertahan kerusakan ini disebabkan usia pemakaian dan beban yang terlalu yang sering dibawa. Apabila rumah roller tersebut sudah parah rusaknya lebih baik diganti saja agar kinerja optimal kembali.

Damper Teflon

Komponen tersebut yang berjumlah tiga buah yang mempunyai tugas untuk menahan getaran dari rumah roller, gejala yang timbul yaitu klok-klok ketika saat putaran mesin langsam disarankan mengganti roller damper tersebut juga ikut diganti.

V-belt

Komponen tersebut yang berbahan karet yang selalu kena panas otomatis lama kelamaan pasti rapuh atau getas, gejala rusaknya pada komponen tersebut harus dilihat langsung jika sudah ada retak-retak lebih baik ganti dengan yang baru takutnya jika sewaktu-waktu komponen tersebut bisa putus saat motor sedang bergerak atau sedang jalan.

Kampas atau prodo sentrifugal

Pada motor matic pastinya sering mendengar suara mendecit, ini pengaruh kampas yang sudah tipis, tanda yang lain mesin sudah teriak tapi pada kecepatan motor terlalu tinggi jalan keuarnya harus diganti.
INI CARA YANG BENAR UNTUK MENGETAHUI GEJALA YANG TIMBUL DI KOMPONEN CVT MOTOR MATIC | admin | 4.5