Inilah Penyebab Busi Cepat Kotor

teknikotomotif.com – Komponen pada sistem pengapian yang sangat penting pada kendaraan seperti busi ini sangatlah selalu dijaga perawatannya karena busi apabila tidak sempurna saat memercikan bunga api sangatlah berpengaruh pada kendaraan tersebut. Kalau busi ada yang menghalangi seperti kotor otomatis percikan api yang keluar tidak begitu maksimal, untuk itu perlu mengetahui apa saja yang  menjadi selalu kotor, penyebab-penyebab busi cepat menjadi kotor adalah :

Inilah Penyebab Busi Cepat Kotor

Inilah Penyebab Busi Cepat Kotor

Ring piston aus

Ring piston terdapat tiga ring piston, ring pertama dan ring kedua berfungsi sebagai ring kompresi dan ring ke tiga sebagai ring oli fungsi dari ring oli adalah mengikis oli yang berlebihan pada dinding cylinder agar tidak masuk ke ruang bakar, tipe dari ring oli bentuknya berbeda dengan 2 ring piston yang lainnya.

Bentuk penampang ring piston yang kedua berbentuk tapered yang bertujuan membantu ring oli mengikis oli yang mengalir ke ruang bakar berlebihan mengakibatkan konsumsi pemakaian oli akan bertambah dan oli cepat berkurang. Kemungkinan apabila ring tersebut sudah mengalami keausan otomatis oli bisa masuk keruang bakar berbarengan saat piston ke TMA , untuk mengatasinya mengganti ring tersebut dengan yang baru.

Piston atau cylinder aus

piston bergerak didalam silinder dan berfungsi untuk mengkompresi gas campuran, menerima ledakan hasil pembakaran yang diteruskan ke crankshaft dan membuka serta menutup lubang buang, masuk dan transfer ( untuk mesin 2 langkah ), dan antara piston dengan cylinder mempunyai celah atau clearance yaitu antara piston dengan dinding silinder terdapat celah yang celah tersebut diperlukan agar piston tidak macet saat kondisi panas, namum demikian celah tersebut tidak boleh melampaui batas yang ditentukan misalnya batas pemakaian yaitu 0,120 mm.

Apabila celah sudah melewati batas maka celah tersebut harus dikembalikan ke standarnya dengan cara di over size, yang artinya diameter silinder diperbesar, piston juga diperbesar ukuran over size adalah 50 dan 100. Apabila piston dan cylinder telah mengalami keausan otomatis oli akan masuk keruang bakar yang pastinya menyebabkan kompresi bocor dan menyebabkan pada busi cepat kotor, untuk mengatasi cukup dengan dilemer apabila masih standar.

Kerenggangan bos klep dan tangki klep terlalu longgar

Pada bagian tersebut juga sangat berpengaruh apabila longgar atau renggang otomatis oli bisa masuk keruang bakar karena ada yang bocor untuk itu gantilah bagian tersebut agar busi tidak cepat kotor kembali.

Oli seal tangkai klep aus

Pada seal apabila motor sudah terlalu digunakan otomatis seal pada batang klep sudah mengeras atau batang klep aus hal tersebut pastinya oli bisa masuk keruang bakar karena bagian tersebut sudah aus untuk mengatasi hal tersebut gantilah komponen tersebut dengan yang baru agar busi tidak cepat kotor kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab Busi Cepat Kotor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Inilah Penyebab Busi Cepat Kotor | admin | 4.5