Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya – Kapasitas battery adalah jumlah listrik yang dapat digunakan mulai saat battery terisi penuh sampai habis, nilainya dinyatakan dengan ampere jam, dengan satuan Ah. Kapasitas ampere jam adalah jumlah arus yang dikeluarkan dan jumlah waktu pelepasan. Sebagai contoh bila lima ampere dapat dipakai selama sepuluh jam maka kapasitasnya adalah 50 Ah, ketika temperatur cairan elektrolit naik, kapasitas battery bertambah dan sebaliknya.
Kapasitas ( Ah ) = Arus yang dipakai ( A ) x waktu yang diperlukan untuk menghabiskan tegangan ( h ).

Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Nilai tegangan saat akhir pemakaian ( final discharge voltage )

Bila battery dipakai di luar batas yang telah ditentukan, tegangan akan menurun secara tiba-tiba dan menyebabkan timbulnya masalah dalam hal perawatan battery. Oleh karena itu tegangan telah ditentukan sesuai batas pemakaiannya dan disebut final discharge coltage.

  • Per cell : 1,75…. Final discharge voltage
  • Battery 6 v ….. 5,25 v
  • Battery 12 v ….. 0,5 v

Standar pemakaian

Seperti telah diterangkan sebelumnya, kapasitas battery berubah sesuai jumlah arus yang dipakai, maka diperlukan kondisi arus yang konstan untuk memenuhi kebutuhan akan kapasitas battery standar. Pada umumnya metode yang dipakai adalah pemakaian berdasarkan waktu pakai. Kapasitas battery untuk sepeda motor adalah diatas 10 jam. Artinya bila battery dipakai terus menerus pada arus yang tetap selama 10 jam akan mencapai final discharge voltage. Contoh : 10 jam arus listrik 12 v 4 Ah battery adalah 0,4 A.

Pengosongan ( tidak disengaja )

Pengosongan tidak disengaja adalah sebuah fenomena yang dimana arus listrik pada battery akan berkurang dengan sendirinya. Hal ini dapat terjadi pada kondisi sebagai berikut :

  • Bahan logam didalam cairan elektrolit tidak bersih
  • Bagian luar battery basah sehingga membentuk sirkuit listrik yang mengakibatkan mengalirnya arus listrik
  • Bahan aktif dari plat-plat positif dan negatif atau elektrolit bertumpuk di bagian bawah atau masuk ke dalam battery sehingga merusak pemisah ( separator ) dan dapat mengecilkan plat-plat positif dan negative, pengosongan tidak disengaja ini akan lebih cepat bila berat jenis atau suhu cairan eletronit meningkat.

Pengosongan sendiri

Pengosongan sendiri adalah terjadinya penimbunan listrik di battery perlahan-lahan hancur secara alami.
Kondisi terjadinya seperti dibawah ini :

  • Bahan dalam cairan elektrolit tidak bersih akibat punya aliran dari dalam
  • Permukaan luar battery basah bentuk sekeliling listrik dan arus listrik mengalir
  • Bahan aktif bisa menurunkan plat-plat atau menimbun elektrolit dibagian bawah, merusak sisi-sisi bagian dalam battery, jadi separator menjadi rusak dan ke dua ujung plat menjadi pendek, tempat pengosongan sendiri rata-rata cepat bila berat jenis atau temperatur cairan elektrolit tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

 

Kapasitas Battery (Aki) Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya | admin | 4.5