[Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor

[Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor – Sebelum kita bahas penyebab bensin kelebihan atau banjir yang ke buang sia-sia akibat komponen yang sudah aus apa rusak, kita bahas dulu apa sih bensin itu ….. ???? Bensin adalah suatu jenis bahan bakar minyak yang digunakan untuk kendaraan baik untuk roda dua motor, maupun roda empat di mobil yang secara sederhana bensin yang tersusun dari hidrokarbon rantai lurus mulai dari C7 heptana sampai dengan C11 dengan kata lain bensin yang terbuat dari molekul yang terdiri dari hydrogen dan karbon yang terikat dengan satu dan yang lainnya sehingga menjadi rantai.

 [Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor

[Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor

Bensin yang terbuat dari minyak mentah, yang cairan berwarna hitam yang diambil dari perut bumi dan biasa disebut dengan nama petroleum, cairan tersebut telah mengandung hidrokarbon, atom-atom karbon dalam minyak mentah yang berhubungkan dengan satu dan lainnya dengan membentuk rantai yang panjangnya sangat berbeda-beda.

Molekul hidrokarbon dengan panjang yang berbeda pastinya memeliki sifat yang berlainan pula mentana merupakan molekul paling ringan bertambahnya atom C dalam rantai akan membuat semakin berat. Molekul ada 4 yang pertama hidrokarbon yaitu metana, etana, propane, dan butana.

Dalam temperature keempatnya yang berwujud gas dengan memiliki titik didih masing-masing. Penyebab – penyebab kenapa sering kita temukan kelebihan bensin atau banjir di karburator bagian ini yang perlu kita pengecekan atau diperbaiki adalah :

Needle valve aus atau rusak

Needle valve atau jarum pelampung yang difungsikan untuk standar utama takaran bahan bakar dimangkuk karburator, waktu mangkuk penuh pelampung langsung terangkat dan mendorong jarum menyumbat bahan bakar dari tangki bensin.

Cara kerjanya mirip bola pelampung yang ditaruh di bak penampung seperti air siraman wc model duduk, begitu bak penuh suplai air pun berhenti karena tuasnya terangkat akibat bolanya mengambang ada kalanya rumah jarum skep kotor atau ujungnya aus akibatnya bensin ngocor terus sampai melebihi kapasitas mangkuk keluar lubang pembuangan. Apabila jarum pelampung aus atau rusak baisa mengakibatkan kelebihan bensin di mangkuk.

Spring pada needle valve patah

Apabila bagian tersebut bemasalah apa lagi sampe patah pastinya berpengaruh pada kinerja jarum pelampung yang otomatis membuat kelebihan bensin atau banjir pada karbu motor apabila terjadi demikian segera ganti agar kinerja motor dapat berjalan dengan maksimal tampa ada kendala.

Pelampung tidak bekerja dengan semestinya

Pelampung jangan asal menyetel tinggi pelampung apabila tidak pas dengan ukuran pada motor akan mengakibatkan banjir atau kelebihan bensin dan bisa juga kekurangan bensin atau miskin pada mangkok karbu, untuk itu ukurlah sesuai dengan anjuran pabrikan dan ukurlah ketinggian pelampung dengan menggunakan sikmat atau jangka sorong misalnya pada motor bebek tinggi pelampung 16 ± 1 mm.

Benda / kotoran lain di needle valve

Terkadang bensin yang jelek atau dari tanki yang mungkin motor sudah lama ada kotoran yang kebawa ke aliran bensin yang masuk ke karbu yang kadang masuk ke bagian jarum pelampung yang membuat mengganjal jarum tersebut yang mengakibatkan kelebihan bensin atau banjir, lebih baik tangki dikuras atau dibersihkan apabila Cuma karbu saja yang dibersihkan pastinya kambuh lagi.

Permukaan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Ukuran ketinggian bensin pada mangkok atau terlalu rendah pastinya mempengaruhi kondisi motor, untuk masalah tersebut setel ketinggian pelampung yang sesuai dengan kondisi motornya, agar hasil yang didapat maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai [Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Ini Yang Benar] Mengetahui Penyebab Karbu Banjir Pada Motor | admin | 4.5