Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine

Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine – Mesin 2 langkah bekerja dengan membuka dan menutup lubang-lubang cylinder oleh turun naiknya piston. Oleh karena itu, port timing ( dimana lubang-lubang terbuka dan tertutup ) ditentukan oleh posisi dan ukuran lubang itu.

Seperti diuraikan dibawah, prot timing ini berbeda dengan sistem pemasukan dan oleh karena itu dengan merubah lubang pemasukan, efficiency pemasukan dapat diperbaiki.

Macam lubang pemasukan yaitu :

  • Piston valve
  • Rotary valve
  • Reed valve

Port timing sendiri dapat dinyatakan kedalam 2 bagian yaitu :

Indikasi pada sudut panas

Saat pembukaan dan penutupan lubang ditentukan oleh sudut engkol diterangkan pada garis lurus melalui titik mati atas ( TMA ) dan titik mati bawah ( TMB ).

Demikialah diagram disebut “ diagram port tirning ” diagram sebelah menyatakan posisi piston dalam hubungan posisi dari pen piston.

Lingkaran diluar menunjukan kerja yang dilakukan diatas piston ( didalam ruang bakar ) dan lingkaran dalam menggambarkan kerja dibawah piston ( didalam crankcase ).

Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine

Indikasi pada posisi lubang

Posisi tiap-tiap lubang ditunjukan dengan jarak ( mm ) dari sebelah atas cylinder sampai bagian-bagian atas tiap-tiap lubang, diagram diatas menunjukan suatu pengembangan cylinder tipe 3 lubang dari tipe dasar mesin 2 langkah.

Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine

Prinsip pembilasan

Sisa pembilasan ( sisa gas pembakaran keluar dari cylinder ) tidak sempurna, campuran bahan bakar dan udara segar bercampur dengan gas-gas sisa pembakaran sehingga efficiency pembakaran menurun.

Untuk memperbaiki efficiency pembakaran bermacam-macam perbaikan diperkenalkan untuk sistem pembilasan. Dasar dari sistem pembilasan adalah “ loop scavenging ” ( pembilasan berputar ).

Pembilasan berputar ( pembilasan schuerle )

Lubang transfer berada dikanan dan dikiri exhaust port, udara segar masuk bersamaan melalui kedua lubang tersebut yang berada berlawanan didinding cylinder dan membelok keatas, kemudian aliran berputar kebawah ke lubang pengeluaran mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder.

Demikianlah pembahasan mengenai Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Port Timing Diagram Of 2 Stroke Engine | admin | 4.5