Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo)

Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo)

Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo) – Untuk kali ini akan mencoba mengulas mengenai Kontruksi dan Fungsi Generator Starter. Generator starter sendiri mempunyai dua fungsi yaitu sebagai starter dan sebagai generator.

Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo)

Stator

Terdapat dua macam kumparan yang dililitan pada kutub kumparan yang menempel didalam stator, yaitu sebuah kumparan medan generator dan sebuah kumparan medan starter, kedua macam kumparan ini disediakan karena stator merupakan motor lilitan langsung dan generator merupakan generator shunt.

Sehingga kumparan medan yang digunakan sangat berbeda dengan kata lain, kumparan medan starter dilalui arus dalam jumlah besar saat mesin dihidupkan, kumparan ini merupakan gulungan kawat tembaga dengan sudut lurus yang memiliki tahanan listrik keci.

Sedangkan kumparan medan generator harus menghasilkan gaya gerak magnet yang besar dengan arus yang kecil, sehingga kumparan ini merupakan gulungan kawat tembaga beremail dalam jumlah banyak lilitan.

Armature

Armature adalah kumparan berputar yang terdiri dari inti armatur kumparan armatur dan sebuah komutator, inti armatur terbuat dari lembaran besi yang tersusun berlapis-lapis memiliki celah-celah disekeliling sisinya, dan kumparan armatur terpasang pada celah-celah ini.

Armatur memainkan peranannya secara terpisah yaitu sebagai starter dan sebagai pembangkit kumparan armatur digulung dengan cara yang sama seperti kumparan lainnya, tetapi ketika fungsinya sebagai starter arus dalam jumlah besar akan mengalir, diameter kawat gulungan lebih besar dari generator biasa.

Dan hal ini akan menamakan berat armatur, komulator memiliki bagian tembaga yang disebut segmen yang membuat bentuk silinder yang diisolasi komutator menempel pada as armatur, masing-masing ujung kumparan armatur dihubungkan ke satu segmen tersebut.

Sikat ( brush ) dan pemegang sikat ( brush holder )

Sikat terbuat dari karbon campuran tembaga dan masing-masing ( dua atau empat ) terpasang pada pemegang sikat, sikat tertekan pada komutator oleh pegas untuk melakukan fungsi rektifikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Konstruksi Dan Fungsi Generator Starter (Starter Dynamo) | admin | 4.5