Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor “Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat”

Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor “Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat”

Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor “Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat” – Sistem pengapian pada motor difungsikan untuk menghasilkan api listrik dengan interval yang tepat pada busi yang terpasang pada kepala silinder, untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, busi suatu komponen terpenting dalam sistem pengapian busi mempunyai peranan penting dalam langkah akhir.

Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor "Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat"

Busi menerima tegangan tinggi yang dibangkitkan pada ignition coil dan menghasilkan letikan api pada ke dua ujung elektroda busi kemudian membakar campuran udara bahan bakar dan menggerakkan mesin. Saat terpasang pada mesin busi menerima tekanan pembakaran dan temperature yang sangat tinggi temperature bisa mencapai lebih dari 20000C, busi juga harus tahan terhadap getaran. Sebab-sebab tidak ada bunga api atau terlalu cepat pada motor yaitu :

Coil Pengapian Atau Cdi Rusak

Coil pada motor menghentikan dan memulai aliran arus pada kumparan primer dan melakukan induksi bersama antara kumparan primer dan sekunder menciptakan tegangan tinggi dalam merespon perubahan seketika dan berdasarkan perbandingan jumlah lilitan dari ke dua lilitan primer dan sekunder dan pada cdi komopnen tersebut adalah pengapian yang tidak menggunakan platina tetapi menggunakan pengapian magnet roda daya, ouput yang keluar dari condensor coil sementara waktu disimpan dalam kapasitor sampai sebuah sinyal diterima ignition timing control unit pengatur waktu pengapian.

Ketika thyristor (scr) aktif dan muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor segera dilepas ke kumparan primer ignition coil sehingga terjadi tegangan tinggi pada kumparan sekunder peristiwa ini disebut sistem pelepasan muatan kapasitif. Apabila dua komponen tersebut mengalami masalah cara mengatasi diganti dengan yang baru.

Busi Rusak

Busi yang berfungsi untuk memercikan bunga api dirunag bakar pada akhir langkah kompresi, busi yang menerima tegangan tinggi yang dibangkitkan pada coil pengapian dan menghasilkan letikan api pada kedua ujung elektroda busi kemudian membakar campuran udara bahan bakar dan menggerakan mesin. Apabila busi mengalami kerusakan otomatis tidak memercikan bunga api untuk mengatasinya cukup mengganti busi dengan yang baru.

Pick Up Coil Rusak

Pick up coil atau pulser merupakan sensor pendeteksi logam yang akan menghasilkan signal/tegangan AC kecil saat terlintas gigi reluctor, signal kecil dari pulser selanjutnya di kuatkan sebagai data input untuk ignition module/cdi. Apabila komponen tersebut mengalami masalah cara mengatasi dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Sambungan Kabel Longgar

Sambungan kabel bila saat memasang tekan sampai bunyi klik, periksalah sambungan-sambungan tersebut dari kotoran-kotoran atau karat dan periksa apakah pembungkusnya tidak sobek, apabila sambungan ada yang longgar cukup mengatasi dengan disambungkan atau dibetulkan saja.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor “Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor “Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat” | admin | 4.5